FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 10-2017

    1237

    Frekuensi Rp1 Triliun, Tawaran Telkomsel Disebut Masih Murah

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Menurut Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi ITB, Ridwan Effendi, harga lelang yang ditawarkan Telkomsel itu jauh lebih murah dibanding negara lain di Asia Tenggara. Disinyalir, harga frekuensi di beberapa negara itu lebih mahal lima kali lipat.

    Pengamat Ekonomi dari Danareksa, Kahlil Rowter menjelaskan, harga lelang yang ditawarkan Telkomsel masih wajar, malah disebut relatif murah. Pasalnya, kebutuhan frekuensi merupakan modal utama perusahaan telekomunikasi, terlebih frekuensi merupakan sumber daya terbatas.

     

    "Harga itu masih masuk akal. Rp1 triliun untuk 30 MHz di 2,3GHz, berpotensi membuat pendapatan Telkomsel meningkat, malah hanya dalam waktu beberapa tahun saja," kata dia, Jumat 20 Oktober 2017.

     

    Dia menjelaskan, jika merujuk pada laporan keuangan 2016 milik induk Telkomsel, yaitu Telkom, mereka bisa membukukan pendapatan Rp86,7 triliun dengan jumlah frekuensi 52,5 MHz, atau laba bersih sekitar Rp28,1 triliun. Sedangkan pengeluaran untuk bayar frekuensi pada tahun itu sebanyak Rp3,6 triliun, sama dengan Rp0,07 per MHz. Jika dibandingkan dengan 30 MHz pada harga Rp1,007 triliun, sama dengan Rp0,033 per MHz.

     

    "Karena murah, harusnya Kominfo selektif dalam memilih pemenang lelang, termasuk untuk lelang berikutnya, di 2,1 GHz. Perusahaan yang menang lelang setidaknya harus memiliki perencanaan minimal 10 tahun ke depan, bukan mendapat frekuensi untuk dijual kembali," kata Kahlil.

    Sumber: http://www.viva.co.id/digital/969027-frekuensi-rp1-triliun-tawaran-telkomsel-disebut-masih-murah

    Berita Terkait

    Jelang 17 April 2018, Jajaran Kemkominfo Intensif Patroli di Dunia Maya

    Selengkapnya

    Frekuensi Penanganan Bencana Diuji Coba Jelang Ramadan

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana menguji coba penggunaan pita frekuensi 700 MHz untuk keperluan penanggulanga Selengkapnya

    Proyek Palapa Ring, Layanan Internet Cepat dan Murah dari Jokowi

    Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengungkapkan pembangunan infrastruktur bakal menyasar jaringan telekomunikasi dan internet Palapa Selengkapnya

    Frekuensi Indosat dan Telkomsel Ditata Ulang, Kenapa?

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai menata ulang (refarming) pita frekuensi radio 800 MHz dan 900 MHz. Frekuens Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA