FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 10-2017

    2718

    Anggota APJII Segera Sediakan Layanan Internet Broadband di Seluruh Pelosok Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza (kedua kanan), berbincang bersama Vice Chairman Hotel Information Technology Association (HITA) Lingga Darmawan (kiri), Chairman HITA Albertus GP (kedua kiri) dan Chairman Jakarta Hotels Association Alexander Nayoan disela pengumuman penyelenggaraan Indonesia Internet Expo & Summit 2017 di Jakarta, Rabu (11/10). Pameran dan konferensi dengan tema "Internet Based Service in Hospitality Market" ini akan digelar pada tanggal 23-25 November 2017 di Jakarta Convention Center. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) kembali melakukan terobosan dalam membantu anggotanya guna kesinambungan usaha anggota. Salah satu program utama Kepengurusan APJII 2015-2018 adalah mempercepat ketersediaan infrastruktur akses (last mile) bagi anggotanya sehingga Layanan Internet Pita Lebar kepada masyarakat dapat disediakan di seluruh pelosok Indonesia.
    Ketua APJII Jamalul Izza menuturkan APJII telah menjalin kerjasama dengan PT Bit Teknologi Nusantara (BITEK) dan PT Bali Tower Sentra Tbk (BTS) dalam penyediaan jaringan infrastruktur akses (last mile) berbasis Fiber Optik (FTTH).  "BITEK dan BTS siap menjadi Neutral Network Operator berbasis Fiber Optik bagi seluruh anggota APJII dan menyewakan jaringan akses," katanya melalui keterangan pers, di Jakarta, Sabtu (28/10/2017).
    Jamalul Izza menjelaskan kerjasama dengan operator lain untuk ketersediaan infrastruktur bagi anggota APJII juga telah dilakukan APJII dengan PT Mega Akses Persada (FiberStar), PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT XL Axiata Tbk. dan PT Trans Indonesia Network serta beberapa operator infrastruktur lain yang segera menyusul.
    "Kali ini, APJII menjalin kerjasama dengan konsorsium yang terdiri dari Axiata Business Services Sdn Bhd, yang merupakan anak usaha dari Axiata Group Berhad , PT Rumah Teknologi (NEUSAT), dan Koperasi Digital Indonesia Mandiri (DigiCoop), untuk menyediakan infrastruktur akses (last mile) berbasis Satelit sehingga Layanan Internet Pita Lebar berbasis Satelit dapat disediakan di seluruh Indonesia oleh seluruh anggota APJII. Infrastruktur akses satelit ini dijadwalkan dapat mulai digunakan oleh anggota APJII mulai 1 Januari 2018," tutur Jamalul Izza.
    Sementara itu, Managing Director of Axiata Business Services Sdn. Bhd. Asri Hassan Sabri menyatakan peran Axiata Business Services dalam konsorsium ini lebih pada penyediaan kapasitas satelit yang dimilikinya. "Dengan penandatanganan kerjasama di ajang CommunicIndonesia hari ini, kami akan selalu berkomitmen penuh untuk terus mendukung program ini," kata Asri Hassan Sabri.
    Sebagai Mitra Axiata Business Services NEUSAT yang memiliki izin Jaringan Tetap Tertutup berbasis Satelit di Indonesia akan berperan sebagai operatornya dimana NEUSAT berkomitmen untuk menjadi Neutral Satellite Network Operator yang tidak berkompetisi dengan anggota APJII dalam menyalurkan Layanan Internet Pita Lebar.
    "Kami menyediakan pipa lastmile nya saja, bandwidth Internet nya disediakan oleh anggota APJII. Kami juga menggunakan system yang sudah umum digunakan di dunia yaitu Hughes Network System," ungkap Direktur Utama NEUSAT Kanaka Hidayat.
    Sesuai paparan di CommunicIndonesia, Ketua Koperasi Digital Indonesia Mandiri atau yang lebih dikenal dengan sebutan DigiCoop, Henri Kasyfi menyebut kerjasama ini merupakan fase pertama dari Program Satelit Rakyat Indonesia (SATRIA) yang merupakan Program bersama Digicoop, MASTEL dan APJII dimana nantinya masyarakat dapat langsung berkontribusi dan ikut memiliki aset bangsa yang akan menyambungkan jutaan rumah di seluruh pelosok Indonesia.
    "Fase kedua dan selanjutnya dari Program SATRIA akan menggandeng kerjasama dengan Operator Satelit kelas dunia lainnya hingga pada fase finalnya rakyat Indonesia akan meluncurkan satelit sendiri yang dibuat khusus dan diluncurkan secara independen," ungkap Henry.
    Ketua MASTEL Kristiono menegaskan bahwa Digicoop yang merupakan hasil inisiatif bersama dari MASTEL & APJII akan menjadi salah satu penyedia pendanaan Jangka Menengah dan Jangka Panjang bagi kesinambungan Program SATRIA ini maupun Program lainnya yang terkait fokus area DNA (Device Network Application).
    "Pendanaan akan dilakukan melalui Program PMK (Penyertaan Modal Koperasi) oleh masyarakat dan perusahaan Indonesia (termasuk namun tidak terbatas pada anggota MASTEL dan anggota APJII) yang akan mulai dilaksanakan di tahun 2018," kata Kristiono yang juga sebagai Ketua Dewan Pengawas Digicoop sekaligus Host dari Communic Indonesia.
    Lebih lanjut lagi Kristiono menyampaikan, di ajang CommunicIndonesia ini, Digicoop juga meluncurkan Smartphone 4G Rp300.000 dan juga rencana jangka pendek (2018) untuk mulai melakukan investasi di Aplikasi Lokal juga melalui Program PMK, sehingga melengkapi seluruh fokus area Digicoop (DNA) dalam berkontribusi pada penegakan kedaulatan digital bangsa.
    Kembali ke Program SATRIA, Ketua MASTEL dan Ketua APJII secara sepakat bersama-sama mengharapkan bahwa model kerjasama ini dapat menjadi jalan keluar bagi masalah 20 tahun terakhir ini terhadap ketersediaan Jaringan Infrastruktur Akses (Last Mile) Netral yang berkualitas dan terjangkau bagi lebih dari 400 anggota APJII, sehingga dengan demikian Layanan Internet Pita Lebar ke masyarakat pun akan juga berkualitas dan terjangkau di seluruh wilayah Indonesia (Aak)

    Berita Terkait

    Transformasi Digital dan Pemerataan Akses Internet Kunci Indonesia Maju 2045

    Konektivitas yang cepat dan merata akan membuka peluang bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningka Selengkapnya

    Jepang Beri Bantuan Jaringan Internet 100 Gbps untuk 83 Perguruan Tinggi di Indonesia

    Rektor Universitas Brawijaya Widodo mengatakan, Universitas Brawijaya akan menjadi gerbang utama pengiriman jaringan berkecepatan tinggi yan Selengkapnya

    Jelang Nataru, Pemerintah Kuatkan Layanan Jaringan Internet

    Mengantisipasi meningkatnya kebutuhan akses internet pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang, pemerintah bekerja sama dengan berb Selengkapnya

    Menteri Johnny Ajak Sambut Kemerdekaan Lewat Rumah Digital Indonesia

    Sepekan menjelang Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh masyarakat un Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA