FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 11-2011

    11553

    Menkominfo : Tugas Kominfo Membangun Tiga Bidang IT

    Kategori Berita Kominfo | admin

     

    Ciputat, (Kominfo) - Menteri Kominfo Tifatul Sembiring mengatakan, tingkat pendidikan yang rendah sangat mempengaruhi Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia untuk mengurangi jumlah penduduk miskin , walaupun negara kita kaya akan sumber daya alam.

    "Jika dibandingkan dengan negara Singapura yang tidak memiliki sumber daya alam, namun mempunyai sumber daya manusia (SDM) jauh lebih baik dari Indonesia, maka tingkat kemakmuran masyarakatnya melebihi negara-negara ASEAN lainnya," kata Menkominfo Tifatul Sembiring saat pembukaan Pekan TIK Nasional 2011 di Ciputat, Rabu (23/11).

    Kemenkominfo  tugasnya membangun tiga hal di bidang Teknologi Informasi  (TI), diantaranya adalah Telekomunikasi, Broadcasting (dunia penyiaran), dan Internet.

    Menurut  Tifatul, pada tahun 2010 Indonesia naik peringkat  dalam penggunaan ICT dari peringkat ke 67 menjadi peringkat ke 53 di tingkat Internasional. "Pengguna intertnet di Indonesia saat ini telah mencapai 45 juta, ini merupakan kemajuan yang sangat cepat," ujarnya.

    Setelah pemerintah membangun jaringan tulang punggung fiber optic yang menyambungkan  lima pulau besar di Nusantara ini, lanjut Menkominfo Tifatul Sembiring, diharapkan akhir tahun 2011 seluruh desa di Indonesia sudah memiliki akses telepon, dan seluruh Kecamatan  di Indonesia sudah terlayani internet kecamatan.

    Pada saat ini,  jelas Tifatul, Kemenkominfo telah memiliki  3 (tiga) Lembaga Pendidikan Informatika diantaranya adalah  Sekolah Tinggi Multi Media di Yogyakarta,  Balai Latihan dan Pengembangan  TIK  di Cikarang, dan  Pusat TIK Nasional di Ciputat bekerjasama dengan UIN Syraif Hidayatullah Ciputat.

    Tifatul juga mengatakan, Kemenkominfo terus menerus akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi karyawannya. Pemerintah telah pula memberikan ICT Award atau penghargaan setiap tahunnya bagi anak-anak bangsa yang memiliki prestasi di bidang pengembangan ICT dari tingkat SD sampai pada perguruan tinggi. (Rmg).

     

     


    Berita Terkait

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Adaptasi Dinamika Teknologi, Kominfo Ubah Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Jastel

    Dalam Perdirjen yang ditandatangani pada tanggal 14 November 2023 itu terdapat pengaturan mengenai bentuk layanan, konfigurasi, perangkat da Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA