FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 11-2011

    8796

    Menkominfo : Tugas Kominfo Membangun Tiga Bidang IT

    Kategori Berita Kominfo | admin

     

    Ciputat, (Kominfo) - Menteri Kominfo Tifatul Sembiring mengatakan, tingkat pendidikan yang rendah sangat mempengaruhi Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia untuk mengurangi jumlah penduduk miskin , walaupun negara kita kaya akan sumber daya alam.

    "Jika dibandingkan dengan negara Singapura yang tidak memiliki sumber daya alam, namun mempunyai sumber daya manusia (SDM) jauh lebih baik dari Indonesia, maka tingkat kemakmuran masyarakatnya melebihi negara-negara ASEAN lainnya," kata Menkominfo Tifatul Sembiring saat pembukaan Pekan TIK Nasional 2011 di Ciputat, Rabu (23/11).

    Kemenkominfo  tugasnya membangun tiga hal di bidang Teknologi Informasi  (TI), diantaranya adalah Telekomunikasi, Broadcasting (dunia penyiaran), dan Internet.

    Menurut  Tifatul, pada tahun 2010 Indonesia naik peringkat  dalam penggunaan ICT dari peringkat ke 67 menjadi peringkat ke 53 di tingkat Internasional. "Pengguna intertnet di Indonesia saat ini telah mencapai 45 juta, ini merupakan kemajuan yang sangat cepat," ujarnya.

    Setelah pemerintah membangun jaringan tulang punggung fiber optic yang menyambungkan  lima pulau besar di Nusantara ini, lanjut Menkominfo Tifatul Sembiring, diharapkan akhir tahun 2011 seluruh desa di Indonesia sudah memiliki akses telepon, dan seluruh Kecamatan  di Indonesia sudah terlayani internet kecamatan.

    Pada saat ini,  jelas Tifatul, Kemenkominfo telah memiliki  3 (tiga) Lembaga Pendidikan Informatika diantaranya adalah  Sekolah Tinggi Multi Media di Yogyakarta,  Balai Latihan dan Pengembangan  TIK  di Cikarang, dan  Pusat TIK Nasional di Ciputat bekerjasama dengan UIN Syraif Hidayatullah Ciputat.

    Tifatul juga mengatakan, Kemenkominfo terus menerus akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi karyawannya. Pemerintah telah pula memberikan ICT Award atau penghargaan setiap tahunnya bagi anak-anak bangsa yang memiliki prestasi di bidang pengembangan ICT dari tingkat SD sampai pada perguruan tinggi. (Rmg).

     

     


    Berita Terkait

    Kaji Penghapusan 3G, Kominfo Pertimbangkan Dua Prinsip Penting

    Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menyatakan, kajian yang dilakukan mempertimbangkan penyediaan sinyal 4G dan kepentingan penggun Selengkapnya

    Menkominfo: Gotong Royong, Kunci Hadapi Tantangan Pandemi

    Menkominfo menyatakan kolaborasi menjadi kunci penentu. “ Tidak bisa dengan 1 literasi jangka panjang, ini harus diatasi hari ini. Dengan Selengkapnya

    Menkominfo Akan Resmikan BTS 4G di Papua Barat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate akan meresmikan Base Transceiver Station (BTS) 4G pada tiga Distrik di Manokwari, Provins Selengkapnya

    Manfaatkan SiCantik Cloud, Kominfo: Layanan Terpadu Hemat Biaya

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong pemerintah daerah memanfaatkan SiCantik Cloud. Layanan itu akan memadukan layanan perizinan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA