FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
15 11-2017

617

Kerja Bersama Kemdikbud, Program USO untuk Sekolah Garis Depan

Kategori Berita Kementerian | anni005
Menteri Komunikasi dan Informatika menyempatkan untuk berbincang dengan sejumlah guru pada pembukaan kegiatan Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Guru Sekolah Garis Depan di Hotel JW Marriot Surabaya, Jawa Timur, Selasa (14/11/2017) - (Antara Foto)

Surabaya, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menghadiri dan memberikan keynote speech pada pembukaan kegiatan Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Guru Sekolah Garis Depan di Hotel JW Marriot Surabaya, Jawa Timur, Selasa (14/11/2017). Pada kesempatan tersebut, Kementerian Kominfo yang dalam hal ini bersinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membahas mengenai program 'Universal Service Obligation' (USO) untuk penyediaan akses internet di sekolah-sekolah di daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T) di 122 Kabupaten dan 24 Provinsi di Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh 90 guru dan pengelola TIK dari sekolah yang menerima bantuan USO dengan tingkat pemanfaatan yang tergolong masih rendah hingga sudah cukup tinggi. Tujuannya agar terciptanya sharing best practice dalam pemanfaatan program USO. Inti dari kegiatan ini pun memiliki manfaat lainnya seperti untuk meningkatkan kemampuan TIK guru dalam memanfaatkan layanan jaringan internet USO untuk pembelajaran serta meningkatkan kemampuan teknisi/pengelola TIK Sekolah dalam mengelola jaringan internet USO khususnya melalui program e-pendidikan dan e-administrasi.

Hingga saat ini telah dilakukan instalasi dan aktivasi sambungan internet di sekolah pada 122 Kabupaten dan 24 Provinsi melalui program Universal Service Obligation (USO) dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo yang telah melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Disela pembukaan kegiatan tersebut, Menteri Kominfo Rudiantara menyempatkan diri untuk berbincang dengan sejumlah guru. Pembukaan kegiatan yang akan diselenggarakan selama 4 hari mulai tanggal 14-17 November 2017 juga dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretaris Jenderal Kemdikbud dan Walikota Surabaya. (ABP)

Berita Terkait

Mahasiswa UPN Dalami Kebijakan dan Program Sektor Kominfo

Selengkapnya

Siapkan Konektivitas Untuk Sukseskan Asian Games 2018

"Jaringan telekomunikasi dan internet dengan bandwith besar menjadi prioritas pendukung Asian Games yang akan berlangsung pada Agustus s.d. Selengkapnya

Menkominfo Ajak Polisi Maksimalkan Teknologi untuk Nilai Tambah Pelayanan

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak jajaran Kepolisian RI untuk memaksimalkan perkembangan teknologi sebagai alat yang da Selengkapnya

Menkominfo Apresiasi Kerja Bersama Bangun Telekomunikasi dan Akses Internet

Menteri Rudiantara mengapresiasi kontribusi operator dalam perkembangan dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan internet di Indones Selengkapnya