FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 11-2017

    1679

    Menpora Tekankan Pentingnya Jauhi Narkoba dan Jaga NKRI Kepada Peserta JPI 2017

    Kategori Berita Pemerintahan | ivon001
    Menpora Buka Jambore Pemuda Indonesia di Sawahlunto, Sumatera Barat. Kota kecil yang ramah dan berjarak sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat yang bernama Sawah lunto hari ini menjadi tuan rumah Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2017. Di area Camping Ground, kawasan wisata Kandi, Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat inilah, JPI 2017 dilaksanakan.(foto:egan/kemenpora.go.id)

    Napaktilas Perjalanan Muhammad Yamin dalam Perjuangan Menyatukan Indonesia

    Kamis, 16 November 2017 – Jambore Pemuda Indonesia (JPI), secara resmi dibuka di Camping Ground, Sawahlunto, Sumatera Barat, Kamis Pagi (16/11). Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi membuka langsung acara yang melibatkan 1000 pemuda dari 34 provinsi se-Indonesia ini.

    Dalam sambutannya Menpora mengatakan JPI adalah program tahunan Kemenpora yang menjadi ajang silaturahmi antar pemuda dari berbagai daerah untuk saling mengenal dan menghargai perbedaan dengan melakukan kemah akbar.

    “Jambore Pemuda Indonesia diadakan secara terpisah dengan kegiatan peringatan Sumpah Pemuda, maksudnya tidak lain untuk menjadikan ajang penguatan semangat kebangsaan dan kesatuan senantiasa memiliki ruang dan wadah ekspresi yang beragam. Dengan mengusung tema Pemuda Indonesia Berani Bersatu tentu kita berharap para pemuda menjadi benteng pertama yang menjaga Pancasila, Kebhinekaan, dan NKRI," ujar Menpora.

    Lebih jauh, Ia menjelaskan, JPI tahun ini diadakan di Sawahlunto, karena momen Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 lahir karena andil salah satu putra bangsa terbaik yang lahir disini, yaitu Prof. Muhammad Yamin. 

    “Siapa yang tidak kenal dengan Prof. Muhammad Yamin, tokoh besar yang berjuang tak kenal lelah bersama para pejuang kemerdekaan lainnya merangkai, dan membingkai perjuangan merajut kebhinekaan Indonesia hingga kita bisa terus berdiri tegak hingga saat ini sebagai satu saudara dengan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Muhammad Yamin adalah pemimpin Kongres Sumpah Pemuda, yang mengantarkan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan, dan beliau adalah tokoh penting dibalik semua perjuangan panjang menyatukan bangsa ini dari Sabang sampai Merauke,” ujar Imam lagi.

    Dengan semangat itu, maka JPI tahun ini menurutnya diselenggarakan dengan harapan semangat persatuan itu juga dapat ditularkan kepada seluruh peserta,

    *Ziarah Peserta JPI ke Makam Prof. Muhammad Yamin*

    Setelah membuka perkemahan akbar para pemuda dalam Jambore Pemuda Indonesia ini, Menpora juga melakukan ziarah ke Makam Prof. Muhammad Yamin yang terletak di Kecamatan Talawi, Sawahlunto.

    Setiba di makam, Menpora mengajak peserta JPI untuk memberikan penghormatan di depan makam, dilanjutkan dengan pembacaan doa bersama dan pengucapan Ikrar Sumpah Pemuda yang dipimpin salah satu perwakilan pemuda Talawi yang ditunjuknya.

    “Saya berharap semangat almarhum Prof Muhammad Yamin terus bergelora di tangan-tangan pemuda-pemuda masa kini. Kita semua harus terinspirasi semangat juang beliau dalam menyatukan Indonesia, karena perbedaan justru adalah kekuatan kita,’’tutup Imam.

    JPI berlangsung dari tanggal 15 hingga 21 November mendatang dan disemarakkan dengan sejumlah kegiatan, antara lain dialog kepemudaan, pawai budaya nusantara, pameran, hingga lomba senam rekreasi poco-poco bagi seluruh peserta.

    JPI tahun ini juga melaksanakan program alih ketrampilan Tenun Silungkang selama 20 hari yang diikuti oleh 34 peserta dari 34 Provinsi. Bekal ketrampilan Tenun Silungkang ini diharapkan dapat memperkuat pengembangan produk ekonomi kreatif di daerah asal masing-masing.

    Sumber:
    http://www.kemenpora.go.id/index/preview/berita/11959
    Siaran Pers
    Kementerian Pemuda dan Olahraga
     

    Berita Terkait

    Presiden Targetkan Pembangunan IKN Jadi Model Transformasi Bekerja dan Percepat Lahan Investasi

    Menyikapi percepatan lahan untuk investasi, Presiden memberikan arahan untuk memperjelas dan mempercepat status lahan, terutama dalam pembeb Selengkapnya

    Presiden Tekankan Seluruh Pihak Kawal Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2024

    Kepala Negara mengimbau seluruh jajaran KPU agar dapat menjalankan pemilu dengan sebaik-baiknya. Presiden menyebut semua hal harus dipastika Selengkapnya

    Buka R20 ISORA, Presiden Tekankan Peran Tokoh Agama dan Masyarakat Ciptakan Perdamaian Dunia

    Presiden menuturkan bahwa Indonesia secara tegas meyakini kemerdekaan merupakan hak segala bangsa. Selengkapnya

    Presiden Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan kepada para Tokoh

    Acara penganugerahan gelar pahlawan nasional dan tanda kehormatan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo beserta Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA