FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
23 11-2017

516

SAIK 2017, Komitmen Bersama Lawan Hoaks dan Dukung Asian Games 2018

Kategori Berita Kementerian | mth
Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara (Menpan RB) Asman Abnur (kiri) bersama Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin (tengah), dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnaen (kanan) menghadiri pembacaan komitmen dukungan pelaksanaan Asian Games saat pembukaan Acara Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2017, di Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (21/11/2017). - (antarafoto)

Palembang, Kominfo - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur menyatakan gelombang destruksi dunia informasi saat ini perlu disikapi oleh humas lembaga pemerintah. Belum lagi agenda besar pemerintah dalam Asian Games 2018 yang membutuhkan komitmen bersama tenaga humas pemerintah.
"Sangat memperihatinkan, hoaks menyebar sangat cepat dalam hitungan menit bahkan detik, sumber penyebab dan penyebarananya tidak kelihatan, dan berdampak sangat luar biasa," katanya dalam Pembukaan Acara Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2017, di Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (21/11/2017).
Menurut MenPANRB, tenaga humas pemerintah, terutama yang mengelola informasi dan komunikasi publik, harus lebih kreatif dan inovatif agar masyarakat lebih menyukai informasi yang berkembang di media sosial atau media elektronik lainnya.
"Tenaga humas pemerintah harus keluar dari zona nyaman-nya dan harus mampu berkompetisi, tidak boleh terpaku dan baku pada tatanan budaya manual, meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam pengelolaan informasi dan komunikasinya mengikuti perkembangan jaman," paparnya.
Dalam pengelolaan informasi publik, menurut Asman, humas pemerintah haruslah kreatif agar masyarakat tertarik.
 “Humas Pemerintah tidak bisa lagi terpaku dalam budaya manual, tetapi harus bertransformasi ke budaya digital sehingga butuh inovasi dan kreativitas. ASN harus mengedepankan profesionalisme dan pengetahuan,” ujar Asman.
Mengenai, pendekatan two way traffic komunikasi humas pemerintah, menurut Menteri Asman akan memudahkan penyebaran informasi dengan menggunakan berbagai perangkat teknologi saat ini.
“Sebagaimana arahan Presiden bahwa humas pemerintah harus mampu tampil di depan dalam melakukan agenda setting di tengah derasnya arus informasi saat ini,” tutur Asman.
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo R. Niken Widiastuti mengatakan urgensi peningkatan fungsi Government Public Relation (GPR) dalam mengeliminasi konten-konten negatif dan tidak produktif. "Demi mewujudkan masyarakat informasi di era digital, maka fungsi Government Public Relation (GPR) dalam menyebarkan konten-konten positif dan kebijakan serta program pemerintah kepada khalayak luas perlu ditingkatkan," katanya.  

Kegiatan SAIK 2017 yang bertema dengan tema "Mewujudkan Masyarakat Informasi di Era Digital" dan "Sukseskan Asian Games 2018" itu
dihadiri oleh peserta dari seluruh Indonesia. Mereka berasal dari Kementerian dan Lembaga Negara, Unsur Dinas Terkait, Humas pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, BUMN, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Acara yang berlangsung mulai dari tanggal 21-24 November 2017 diselenggarakan di Palembang Sport and Convention Centre (PSCC), Palembang dan Novotel Palembang, Sumatera Selatan.
SAIK 2017 yang dihadiri 1000 peserta ini merupakan tempat berkumpul, bersilaturrahmi, dan berbagi antar humas dari seluruh Indonesia. Ada beberapa kegiatan dalam kegiatan yang digelar Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, antara lain, Forum Bakohumas, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Festival Kelompok Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional, Temu Blogger hingga Pameran Produk Humas.
Dalam acara itu, MenPANRB bersama Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnaen menghadiri pembacaan komitmen dukungan pelaksanaan Asian Games 2018. *

Berita Terkait

Beasiswa S2 Komunikasi, Bekali Aparatur Layanan Informasi dan Kehumasan

Menurut Kepala Pusat Pengembangan dan Literasi Profesi SDM Komunikasi Balitbang SDM Kementerian Kominfo, Gati Gayatri, sampai akhir tahun 20 Selengkapnya

Kominfo Terima Penghargaan Utilisasi Tertinggi Jabfung Analisis Kebijakan

Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sebagai instansi dengan nilai utilisasi tertinggi dalam survei pemantauan peran dan kinerja Jaba Selengkapnya

Menkominfo Apresiasi Kerja Bersama Bangun Telekomunikasi dan Akses Internet

Menteri Rudiantara mengapresiasi kontribusi operator dalam perkembangan dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan internet di Indones Selengkapnya

Kominfo Libatkan Masyarakat Dukung Asian Games 2018

"Kominfo menyelenggarakan aktivitas ini agar ada engagement, agar masyarakat tahu bahwa Kominfo sangat mendukung Asian Games 2018,” kata Selengkapnya