Siaran Pers No. 243/HM/KOMINFO/11/2017Tanggal 30 November 2017Tentang Menteri Keuangan Berikan Penghargaan Pengelola PNBP Terbaik Kedua Bagi Kementerian KominfoJakarta, Kominfo- Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima penghargaan sebagai Kementerian Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbaik kedua dari Kementerian Keuangan. Pemberian penghargaan berlangsung dalam acara PNBP Awards 2017 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Kamis (30/11/2017).
Penetapan sebagai Kementerian Pengelola PNBP terbaik itu merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi Kementerian dalam mengoptimalkan pendapatan negara dari sumber penghasilan selain pajak. Pemberian penghargaan berdasaran kriteria Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan serta peningkatan penerimaan lebih dari Rp 1 Triliun.
Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail yang mewakili Menteri Kominfo saat menerima penghargaan mengungkapkan penghargaan ini diperoleh karena Kominfo mampu mengelola PNBP dengan baik. ”Penghargaan ini hasil kerja seluruh jajaran dan seluruh unit kerja sampai ke balai monitoring (Balmon) yang berkontribusi aktif dalam pengelolaan PNBP Kominfo,” katanya.
Lebih lanjut Ismail menjelaskan penerimaan penghargaan itu merupakan sebuah milestone untuk berkarya lebih baik lagi demi kemajuan Kementerian Kominfo. Selain Kementerian Kominfo, penerima penghargaan untuk kategori Kementerian/Lembaga Pengelola PNBP terbaik untuk kelompok penerimaan di atas Rp 1 Triliun adalah Kepolisian RI untuk terbaik pertama dan Kementerian Perhubungan terbaik ketiga.
Kementerian Keuangan mengharapkan penghargaan itu dapat memotivasi kementerian dan lembaga untuk meningkatkan kualitas pengelolaan PNBP. Khususnya untuk meminimalisir atau menghilangkan temuan BPK pada tahun mendatang, sehingga dapat lebih mengoptimalkan pendapatan negara dengan tetap menjaga akuntabilitas dalam pengelolaan PNBP.
PNBP Kementerian Kominfo tahun 2016 mencapai relisasi RP 18 Milyar dari target Rp 16,5 Milyar. Kementerian Kominfo selalu menempatkan tata kelola dan proses penerimaan PNBP secara baik utamanya saat ini teah mengedepankan proses pembayaran PNBP berbasis machine to machine. Di samping itu upaya-upaya inovasi dalam rangka peningkatan pengelolaan yang semakin lebih baik juga terus dilakukan serta berkooordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait.
BIRO HUMAS
KEMENTERIAN KOMINFO
Keterangan Foto: