FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 12-2017

    3368

    Tim Cimol "Hoax Analyzer" Mendapatkan Gold Award dalam Perhelatan Asean ICT Awards

    SIARAN PERS NO. 244/HM/KOMINFO/12/2017
    Kategori Siaran Pers
    Menteri Kominfo Rudiantara didampingi Sekjen ITU Houlin Zhou menyerahkan penghargaan kepada Tim Cimol "Hoax Analyzer" yang mendapatkan GOLD pada AICTA 2017 di Siem Reap, Kamboja. - (Farida Dwi Cahyarini - Sekjen Kemkominfo)

    Siaran Pers No. 244/HM/KOMINFO/12/2017
    Tanggal 1 Desember 2017
    Tentang
    Tim Cimol "Hoax Analyzer” mendapatkan Gold Award pada Perhelatan Asean ICT Awards

    Dalam perhelatan ASEAN Telsom/Telmin 2017 27 November s.d. 1 Desember 2017 di Siem Reap, Kamboja, juga diselenggarakan kompetisi digital yaitu ASEAN ICT Award 2017 (AICTA) yang final kompetisinya telah berlangsung pada Rabu 30 November 2017.

    Pada ajang AICTA tersebut, Indonesia mengirimkan satu tim yaitu Tim CIMOL dengan hasil karyanya “Hoax Analyzer” yang masuk dalam kategori Research and Development (R&D). Hasil penjurian telah menempatkan “Hoax Analyser” mendapatkan penghargaan GOLD sebagai juara pertama untuk kategori R&D tersebut. Tim Cimol "Hoax Analyzer" adalah Tim 3 Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu Adinda Budi Kusuma Putra dan Feriyandi Nurdiantoro serta Tiffany. Pada ajang ini Tiffany tidah hadir karena sedang belajar paska sarjana di Jepang. Awards Gold kepada Tim Cimol ini sangat paripurna karena mendapatkan keunggulan 9 Juri dari 12 Juri yang memberikan penilaian. Peserta tahap final dalam kategori R&D diikuti oleh 3 Peserta dari 2 negara yaitu 1 peserta Indonesia dan 2 peserta Thailand, sehingga Awards Silver dan Bronze diberikan kepada 2 peserta Thailand.

    AICTA merupakan inisiatif yang digagas oleh Menteri-Menteri Telekomunikasi se-ASEAN. Inisiatif ini sejalan dengan salah satu dari 6 langkah strategi ASEAN yang tercantum pada ASEAN ICT Masterplan (AIM) yaitu promosi, inovasi dan kerjasama antara pemerintah, pelaku usaha, masyarakat dan lembaga lainnya.  Terdapat 6 kategori dalam kompetisi AICTA yaitu Public Sector, Private Sector, Coorporate Social Responsibility, Digital Content, Startup Company dan Research and Development. Pada tahun ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika mengirimkan 1 peserta yaitu Hoax Analyzer dari Tim CIMOL pada kategori Research and Development.

    Dari 6 Kategori dalam AICTA dan setelah melalui proses penjurian final pada 30 November tersebut diperoleh pemenang Gold yaitu Kamboja mendapatkan 3 Gold, Indonesia 1 Gold, Singapura 1 Gold dan Laos 1 Gold. Ajang final AICTA diikuti oleh peserta-peserta 6 Negara yaitu Indonesia, Kamboja, Laos, Singapura, Thailand dan Vietnam yang masuk sampai ke tahap final, sedangkan peserta-peserta 4 negara lain yaitu Brunei, Filipina, Malaysia dan Myanmar tidak masuk sampai ke tahap final. Peserta Indonesia yang Lolos sampai tahap final 1 Peserta Tim Cimol di antara 15 peserta Idonesia lainnya. 

    Penyerahan Award AICTA berlangsung pada saat Gala Dinner AICTA 2017 Kamis 30 November 2017. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan didampingi Sekretaris Jenderal ITU Houlin Zhou yang turut hadir dlaam ASEAN Telmin menyerahkan langsung Penghargaan kepada Tim Cimol Indonesia. Selanjutnya unttuk penyelenggaraan AICTA 2018 akan berlangsung di Indonesia bersamaan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Telsom/Telmin pada tahun 2018.

    BIRO HUMAS
    KEMENTERIAN KOMINFO

    Menteri Kominfo Rudiantara, Tim Cimol dan Sekjen ITU Houlin Zhou

     

    Delegasi RI bersama Tim Cimol

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 287/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kominfo Dorong Pemanfaatan Teknologi AI secara Etis

    Kehadiran pedoman etika menjadi acuan untuk mengurangi risiko pemanfaatan teknologi AI untuk sektor komunikasi publik. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 286/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menkominfo Dorong Pelaku Komunikasi Publik Adopsi Teknologi AI

    Menkominfo mengingatkan pelaku komunikasi publik untuk memiliki strategi dalam beradaptasi dengan teknologi AI. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 285/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Tindak Lanjuti WRC 2023, Kominfo Selaraskan Kepentingan Nasional

    10th APSMC 2024 momentum menyelaraskan pembahasan isu SFR dengan kepentingan nasional Indonesia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 284/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Cetak Talenta Digital Andal, Wamenkominfo Minta Terapkan Mindset Adaptif dan Agile

    Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria meminta penerapan mindset untuk menghasilkan talenta digital andal. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA