FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 12-2017

    5293

    STMM MMTC Luluskan 273 Sarjana Siap Kerja di Industri Kreatif dan Komunikasi

    Kategori Berita Kominfo | ivon001
    Prof Dr. Gati Gayatri, MA., selaku Ketua STMM MMTC Yogyakarta saat mewisuda salah satu dari 273 wisudawan Program Strata 1 dan Program Diploma IV Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC Yogyakarta di Auditorium Kampus STMM MMTC Jalan Magelang KM.6, Yogyakarta, Rabu (6/12/2017). - (Istimewa-Gati Gayatri)

    Yogyakarta, Kominfo – Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC Yogyakarta menggelar wisuda terhadap 273 mahasiswa lulusan Program Strata 1 dan Program Diploma IV di Auditorium Kampus STMM MMTC Jalan Magelang KM.6, Yogyakarta, Rabu (6/12/2017).

    Ketua STMM MMTC Yogyakarta Prof. Dr. Gati Gayatri, M.A. mengharapkan para lulusan diharapkan dapat mengaplikasikan kemampuan dan keilmuwan yang didapat dari bangku kuliah didunia kerja yang baru.  

    "Saya berharap para wisudawan dan wisudawati dapat bekerja di perusahaan dan lembaga yang sesuai dengan minat serta ilmu yang dimiliki diantaranya di industri kreatif, media penyiaran. Atau ada yang melanjutkan ke jenjang Strata 2," harapnya.

    Secara khusus, Gati Gayatri menjelaskan industri kreatif di Indonesia banyak mengincar Lulusan STMM MMTC. Hal itu, menjadikan lulusan STMM MMTC mempunyai posisi tawar yang cukup bagus.

    "STMM MMTC Yogyakarta tetap berupaya meningkatkan kualitas lulusannya dengan memberikan bekal pelatihan TOEFL untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, mahasiswa ikut Sertifikasi Profesi Bidang TIK dan Penyiaran yang diselenggarakan bersama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)," ungkapnya.

    Ketua STTM menyebutkan banyak banyak mahasiswa sebelum wisuda telah diterima kerja. “Di antara para lulusan yang diwisuda, terdapat 65 mahasiswa yang telah berhasil mendapatkan pekerjaan di lapangan industri media, penyiaran, animasi dan industri kreatif lainnya,” paparnya.

    Ketua STTM menyatakan sejumlah 273 wisudawan berasal dari Jurusan Penyiaran, Animasi, Desain Teknologi Permainan dan Jurusan Komunikasi Informasi Publik.

    "Para wisudawan dan wisudawati telah ditetapkan Keputusan Bersama pihak kampus dalam Rapat Yudisium terakhir digelar pada 24 Oktober 2017," katanya dalam sambutan.

    Selanjutnya Ketua STTM MMTC menyatakan terdapat tujuh orang wisudawan yang berhasil meraih predikat cumlaude dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi 3,86.

    “Predikat cumlaude di STMM diberikan kepada mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan dengan IPK di atas 3,75, masa studi maksimal delapan semester serta tidak ada nilai C dan D dari keseluruhan mata kuliah,” paparnya.

    Ketua STTM Gati Gayatri memberi penghargaan dan terimakasih kepada mahasiswa berprestasi dan meraih penghargaan dalam berbagai even kejuaraan yang membawa nama baik lembaga. "Beragam penghargaan mulai dari film, foto hingga presenter diraih mahasiswa kita tahun ini, bahkan para mahasiswa sudah bisa bekerja sebelum lulus," katanya di hadapan wisudawan dan tamu undangan.

    Gati Gayatri menambahkan sejumlah mahasiswa STMM MMTC juga berhasil memperoleh sejumlah prestasi. Antara lain, Predikat The Best Ideas dan The Audience’s Favorite dalam Salatiga Film Festival 2017. Kemudian film berjudul Roro Jonggrang: XII Abad Kemudian yang meraih predikat film terbaik dalam Bulan Komunikasi UNY 2017 dan menjadi 10 film terbaik pada Short Film Competition Algorhytm 2017 serta berbagai prestasi lainnya.

    Menurut Gati Gayatri, pihaknya juga membantu pembiayaan studi mahasiswa selama beberapa tahun terakhir. "Selain dari STMM MMTC sendiri, ada bantuan beasiswa dari Pemda DIY, Disdikpora DIY serta beasiswa dari industri penyiaran," ungkapnya.

    Ketua STMM memotivasi seluruh wisudawan agar memanfaatkan ilmunya saat terjun di masyarakat. Terutama, agar mampu menjadi entrepreneur di bidang digital kreatif yang kini terus berkembang.

    "Kami telah banyak memberikan bekal terkait digital kreatif. Kurikulum pendidikan disesuaikan dengan ketentuan berlaku, dengan muatan teori 60% dan praktik 40% untuk jenjang S1 dan Program Diploma IV muatan teori 40% dan praktik 60% dengan beban masing-masing antara 144 hingga 148 sistem kredit semester (SKS)," katanya.

    Sebagai rangkaian acara wisuda tersebut, dilaksanakan juga Rapat Dewan Penyantun bersama Jajaran Pejabat Sekolah Tinggi Multi Media yang akan membahas diantaranya tentang rencana pembentukan prodi baru di Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta.

    Perguruan tinggi dibawah Kementerian Komunikasi dan  Informatika itu meluluskan 273 mahasiswa dari enam program studi dalam tiga jurusan. Secara rinci jumlah lulusan sebagai berikut:
    Program Diploma IV Jurusan Penyiaran
    - Program Studi Manajemen Produksi Siaran 88 mahasiswa
    - Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan 66 mahasiswa
    - Program Studi Manajemen Teknik Studio Produksi 56 mahasiswa

    Program Diploma IV Jurusan Animasi
    - Program Studi Animasi 29 mahasiswa
    - Program Studi Desain Teknologi Permainan 29 mahasiswa

    Program S1 Jurusan Komunikasi Informasi Publik (KIP)
    - Prodi Manajemen Informasi dan Komunikasi (MIK) 21 mahasiswa

    (Biro Humas-YS)

    Berita Terkait

    Kominfo Akan Wajibkan Publisher Gim di Indonesia Berbadan Hukum

    Kementerian Kominfo dipastikan tidak membentuk badan rating ini sendiri, namun menyerahkannya ke pihak ketiga agar bisa menjadi lembaga inde Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Hasil Penertiban Alat dan Perangkat Telekomunikasi

    Tujuan pemusnahan barang untuk memberi kepastian hukum. Selengkapnya

    Jadi Tuan Rumah F1 PowerBoat, Kominfo Siapkan Infrastruktur Komunikasi di Danau Toba

    Kominfo mendukung pelaksanaan F1 Powerboat Danau Toba 2023 dengan menyediakan infrastruktur dan sarana komunikasi, termasuk untuk jurnalis y Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Lantik Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melantik Usman Kansong, S.Sos, M.Si. sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi P Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA