FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 12-2017

    1955

    Menkominfo: NextIcorn Jembatan Startup Menjadi Unicorn

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Menkominfo Rudiantara dalam acara Next Indonesia Unicorn (Nexticorn) di Kementerian Kominfo, Jakarta, Jum'at (08/12/2017) - (VY)

    Jakarta, Kominfo -- Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menggelar Program Next Indonesia Unicorn (NextIcorn) di Jakarta. Menurut Menteri Kominfo Rudiantara, program ini menjadi jembatan agar startup bisa tumbuh menjadi unicorn-unicorn lainnya di Indonesia.

    “Keinginan teman-teman startup untuk menjadi unicorn ini kuat. Namun stage tengah dari startup menjadi unicorn ini yang saya katakan hilang, bagaimana mereka setelah jadi startup, setelah seed capital, kemudian menjadi unicorn. Inilah masalah yang kita bicarakan sekarang,” jelasnya dalam pembukaan Nexticorn di Ruang Anantakupa Kemkominfo, Jum’at (08/12/2017)

    Lebih lanjut Menteri Rudiantara menjelaskan bahwa tingkat kesuksesan startup untuk menjadi unicorn saat ini masih sangat rendah. “Success ratio startup untuk bisa jadi growing company itu rendah, dulu awal Saya jadi Menteri itu 2%, sekarang makin naik jadi 3% lebih. Belum jadi unicorn, kalo unicorn lebih kecil lagi,” jelas Rudiantara.

    Lebih lanjut Menteri Rudiantara menjelaskan bahwa program ini merupakan upaya untuk membuat marketplace yang lebih terstruktur dan tertata bagi para startup yang ingin menjadi unicorn.

    “Keinginan teman-teman ini harus kita buat program yang lebih terstruktur, tertata. Tidak boleh lagi melepaskan saja ke teman-teman. Daripada pusing cari investor, investor juga cari-cari startup, ya sudah kami pemerintah bersama dengan teman-teman menjadi marketplace memfasilitasi ini semua,” jelasnya.

    Para startup yang mengikuti program Nexticorn ini akan diikutkan dalam proses kurasi, di mana akan dilakukan pengecekan mulai dari business plannya seperti apa, market validationnya, apakah teknologinya sustainable atau tidak. “Nanti yang dipilih diajak untuk bertemu dengan investor agar ada investasi. Proses kurasi ini dilakukan sehingga saat ketemu dengan investor kita juga punya sales deck yang isinya startup,” kata Rudiantara.

    Nexticorn kali ini merupakan program kedua yang digelar oleh Kementerian Kominfo, setelah sebelumnya telah diselenggarakan Nexticorn pertama pada bulan September 2017 di Jakarta. Bekerjasama dengan AMVESINDO (Pemodal Ventura untuk Startup Indonesia) dan Global Consulting Ernst & Young, program ini bertujuan untuk menghasilkan unicorn-unicorn startup digital baru di Indonesia. Turut hadir Donald Wihardja, Chief Coordinator Nexticorn; serta Daniel Tumiwa dan Italogani, Brand Ambassador Nexticorn. (VY) 

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo dan Wamenkominfo Tinjau Kantor SDPPI

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo menyampaikan update pelaksanaan kebijakan dan program kepada Menteri Budi Arie dan Wamen Nezar Patria. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA