FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 12-2017

    2252

    Pengembangan Smart City Harus Fokus pada Proses Bisnis

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Menteri Kominfo Rudiantara dalam Awarding Rating Kota Cerdas Indonesia 2017 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (11/12/2017). - (VE)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kembali menekankan fokus utama pengembangan kota cerdas (smart city) adalah perubahan pola pikir dan proses dalam melayani masyarakat.

    “Saya selalu sampaikan, berkaitan dengan smart city, konotasinya masih banyak tentang teknologi. Saya Menteri teknologi, tapi saya katakan (smart city, red.) bukan tentang teknologi, bukan tentang digital, tapi tentang mengubah mindset, mengubah pola, cara, proses bisnis dalam melayani masyarakat,” tandas Menteri Rudiantara dalam Awarding Rating Kota Cerdas Indonesia 2017 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (11/12/2017).

    Menteri Kominfo menjelaskan teknologi mengambil peran dalam membantu pelayanan masyarakat yang lebih cepat. “Bahwa untuk melayani lebih cepat, ambil keputusan lebih cepat, barulah gunakan teknologi. Yang penting melayani masyarakat lebih baik,” tuturnya.

    Sementara itu, dalam pengadopsian aplikasi oleh kota lain, diperlukan pembahasan bersama dengan stakeholders untuk menentukan adopsi seperti apa yang sesuai untuk masing-masing kota. “Dalam konteks nasional, kita akan bicara bersama semua stakeholders bahwa ini loh yang pantas direplikasi di kota lain, walau butuh adjustmen sedikit. Di situlah Kemkominfo akan step in, mana yang harus diimplementasikan secara cepat,” ungkap Rudiantara.

    Awarding Rating Kota Cerdas merupakan penutup rangkaian kegiatan Rating Kota Cerdas Indonesia 2017 yang telah berlangsung dari Mei 2017 lalu. Diikuti oleh 93 kota, penganugerahan ini dibagi menjadi beberapa kategori, di antaranya kategori Rating Keamanan dan Kebencanaan (Safe and Secure Cities), Rating Kota Kesiapan Integrasi (Integration Readiness Cities), dan Rating Digital Government Readiness. (VY)

    Berita Terkait

    Perkembangan Sektor Swasta Berbasis TIK, Ibarat Stark Industries di Film Marvel

    Ajang ITF DEWG G20 diharapkan akan membawa inovasi pada perkembangan teknologi di dalam negeri. Karena, menampilkan kreativitas dari para pe Selengkapnya

    Jadi Kunci Pembangunan Smart City, Kominfo Dukung Pemda Ciptakan Inovasi

    Direktur LAIP Ditjen Aptika menjelaskan sesuai Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 Tahun 2019 penyelenggaraan smart city oleh pemerintah daera Selengkapnya

    Dorong Implementasi Gerakan Menuju Smart City, Kominfo Adakan Penilaian

    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo menyatakan penilaian itu merupakan upaya mendorong pemerintah pusat dan daerah ag Selengkapnya

    Menkominfo: Semoga Jalan Bakti Harmoko Jadi Suri Tauladan

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengharapkan jasa Almarhum Mantan Menteri Peneranganm selama mengabdi menjadi pejabat ter Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA