FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 12-2017

    2882

    Kepala Desa Diimbau Optimalkan Dana Desa untuk Bangun Infrastruktur Internet

    Kategori Sorotan Media | Winda Ferrissa
    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, R Niken Widiastuti.

    TASIKMALAYA, NNC - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, R Niken Widiastuti mengimbau kepada 351 kepala desa di Kabupaten Tasikmalaya yang hadir dalam Sosialisasi 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK “Membangun Desa, Desa Membangun” agar dapat memberikan literasi digital kepada masyarakatnya. Dalam sambutannya, Dirjen Niken memberikan arahan agar setiap informasi positif harus dapat disebarkan melalui media sosial.

    “Banyak informasi yang disebarkan melalui internet bukanlah informasi positif. Untuk itu, bapak dan ibu kepala desa perlu memberikan literasi digital kepada masyarakat bahwa menggunakan internet khususnya penggunaan media sosial itu lebih diharapkan untuk hal-hal positif,” katanya dalam Pembukaan Sosialisasi di Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (10/12/2017).

    Ia mengatakan pula, kepala desa mesti terus mengoptimalisasikan dana desa untuk pembangunan infrastruktur jaringan internet, khususnya melalui Program Kementerian Kominfo yaitu Desa Broadband Terpadu. Ia menekankan salah satu tujuan penyediaan akses internet untuk mensejahterakan masyarakat desa di Kabupaten Tasikmalaya dengan memasarkan produknya melalui jaringan internet.

    “Banyak sekali informasi yang bisa kita sampaikan dan sebarkan seperti informasi-informasi positif. Selain itu, adanya produk-produk lokal Tasikmalaya seperti membuat olahan susu ataupun hasil peternakan maupun hasil pertanian hingga promosi pariwisata lokal bisa dipasarkan melalui media sosial," kata Niken dalam keterangan tertulisnya, hari ini.

    Selain itu, ia mengimbau kepala desa agar lebih berhati-hati dan waspada menggunakan sosial media karena sejumlah oknum kerap menyebarkan hal-hal negatif seperti hoaks hingga ujaran kebencian. Oleh karena itu, para kepala desa diharapkan dapat menerapkan literasi digital untuk masyarakatnya masing-masing. 

    Pembukaan acara yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Niken Widiastuti ini turut dihadiri beberapa pejabat lain seperti Bupati Kabupaten Tasikmalaya, Direktur Pengolahan dan Penyediaan Informasi Kemenkominfo, Direktur BP3TI, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, dan Staf Khusus Kantor Presiden.

    Sumber : http://www.netralnews.com/news/ekonomi/read/118151/kepala.desa.diimbau.optimalkan.dana.desa

    Berita Terkait

    Lewat KIM, Kominfo Manfaatkan Karang Taruna dan PKK Desa untuk Menyebarkan Informasi Pilkada

    Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM) memiliki banyak cara untuk mendekati masyarakat agar informasi tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada Selengkapnya

    Kominfo Dukung Langkah KPU Tingkatkan Infrastruktur Teknologi Informasi

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pembenahan di pusat maupun daerah guna mendukung lancarnya Pemilihan Serentak 2020. Pembenahan tersebu Selengkapnya

    Kominfo Bangun Infrastruktur Digital di 41 Desa di DIY

    KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan perhatian yang serius pembangunan infrastruktur digital di Daerah Istimewa Yogya Selengkapnya

    Kemenkominfo Latih UMKM dan Desa Wisata Maksimalkan Internet

    Kemenkominfo melatih UMKM dan desa wisata. Untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19, produktivitas masyarakat memang harus tingkatkan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA