FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 12-2017

    1095

    Kominfo dorong ASN tak gunakan email gratis

    Kategori Sorotan Media | Steffani Dina
    ilustrasi

    JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengimbau aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak menggunakan layanan email gratis seperti Gmail atau Yahoo dan lebih memaksimalkan mail.go.id.   

    “Ada beberapa alasan. Pertama masalah security. Kedua, kalo kita gunakan akun Yahoo atau Gmail, itu memakan bandwidth internasional. Jadi kita akses ke hostingnya yang ada di luar negeri, balik lagi. Jadi bolak balik kaya gini terus, itu ongkos buat industri. Itu bagi negara, devisa keluar sebetulnya,” jelasnya saat peluncuran mail.go.id, seperti disiarkan laman Kominfo (11/12).

    Mail.go.id merupakan layanan email khusus untuk ASN yang menggunakan sertifikat digital dan terenkripsi. Fasilitas ini melengkapi hosting email yang disediakan masing-masing kementrian.

    “Mungkin idealnya nanti, semua melebur tapi perlu transisi. Kementerian-kementerian harus sudah punya atau menggunakan nomenklatur kementeriannya sendiri terus .go.id,” harapnya.

    Menurutnya, standarisasi diperlukan untuk memberikan tingkat efisiensi penggunaan infrastruktur teknologi.

    “Makin berstandar, volumenya makin besar. Economic soft skillsnya lebih tinggi, memberikan efisiensi lebih tinggi. Tentunya kalau kita punya satu, misalkan dilihatnya ke mail.go.id, itu akhirnya melihat efisiensi yang lebih tinggi,” paparnya.

    Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan mengatakan layanan mail.go.id merupakan pengembangan dari layanan pnsmail.go.id yang telah digunakan oleh lebih dari 93.000 pengguna PNS.

    “Layanan ini merupakan layanan email khusus pemerintah. Diharapkan layanan ini dapat menggantikan email PNS yang saat ini sebagian masih menggunakan email gratis asing. Penggunaan email asing dapat merugikan pemerintah karena merupakan salah satu sumber kebocoran informasi pemerintah,” jelasnya.(wn)

    Sumber: http://www.indotelko.com/kanal?c=in&it=kominfo-asn

    Berita Terkait

    Kominfo 2020, di tengah pandemi COVID-19

    Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Indonesia sejak pandemi virus corona melanda pada Maret lalu. Selengkapnya

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA