FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 12-2017

    1924

    Kemkominfo Tidak Mau Atur Harga Termurah Paket Internet

    Kategori Sorotan Media | Steffani Dina
    Menkominfo Rudiantara. (Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir)

    Perang tarif sesama operator seluler di Indonesia masih terus terjadi. Walau sempat mereda, belakangan isu ini kembali merebak ketika salah satu operator seluler mengeluarkan tarif paket data yang sangat murah dan berbeda jauh dengan tarif operator lain. 

    Menanggapi hal itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan tidak akan mengatur atau menentukan tarif batas bawah dari operator seluler di Indonesia. Hal itu disampaikannya saat ditemui di Ritz-Carlton Hotel, Mega Kuningan, Jakarta, Senin (11/12).

    "Jangan banyak diatur industrinya. Hal-hal yang tidak perlu diatur pemerintah jangan diatur," kata Rudiantara sembari menjelaskan salah satu solusi dari membangun industri operator seluler di negeri ini adalah tidak mengatur tata niaganya.

    Isu ini merebak ketika Indosat Ooredoo mengambil langkah promosi merilis layanan Internet alias paket data dengan kuota 1 GB seharga Rp 1.000. Dalam promosinya, Indosat Ooredoo menulis harga itu setara atau lebih murah dari harga kerupuk dan gorengan.

    Rudiantara juga meminta kepada masyarakat agar lebih selektif dalam membeli produk dari operator seluler. Jangan mudah tergiur dengan tarif yang murah atau ia menyebutnya near free services, tetapi mendapatkan pelayanan yang buruk.

    "Saya selalu katakan saya tidak akan ada mengeluarkan price floor, tetapi masyarakat juga diedukasi artinya masyarakat jangan terus expect layanan near free services," tambahnya.

    Sumber: https://kumparan.com/@kumparantech/kemkominfo-tidak-mau-atur-harga-termurah-paket-internet

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Difabel Wujudkan Transformasi Digital Inklusif

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar Kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional untuk di Selengkapnya

    Kominfo Imbau Masyarakat Pakai Tanda Tangan Digital, Apa Itu?

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau agar masyarakat mulai menggunakan tanda tangan elektronik (TTE) sebagai upay Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA