FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 12-2017

    1346

    Palapa Ring Paket Barat Rampung Februari 2018

    Kategori Sorotan Media | Steffani Dina
    Ilustrasi. Foto: Rachman Haryanto

    Jakarta - Palapa Ring yang merupakan proyek nasional pembangunan infrastruktur telekomunikasi serat optik, terus diupayakan pemerintah guna menjangkau area rural atau pedesaan yang belum tercicipi oleh layanan internet cepat. Tahun 2018, salah satu paket proyek tersebut bisa dioperasikan.

    Seperti diketahui, Palapa Ring dibagi menjadi tiga paket, yaitu paket barat, paket tengah, dan paket timur. Ketiga paket tersebut ditargetkan dapat menjangkau 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

    "Palapa Ring paket barat harusnya selesai konstruksi Februari 2018, setelah itu dioperasikan," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Ritz Carlton, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta.

    Untuk pembangunan Proyek Palapa Ring paket barat sendiri terdapat beberapa tahapan (milestone) dalam pelaksanaannya, mulai dari proses akuisisi lahan, pekerjaan civil, mechanical dan electrical Network Operation Center (NOC) dan Beach Man Hole (BMH), penggelaran kabel serat optik darat, penggelaran kabel serat optik laut, instalasi perangkat aktif, dan Network Management System. 

    Untuk paket tengah dan paket timur sendiri, Menkominfo sedang mengupayakan segera dioperasikan. Mengingat Palapa Ring secara keseluruhan harus bisa dimanfaatkan pada 2019 nanti.

    Pemerintah mengetahui daerah terpencil dan perbatasan jarang disasar oleh para operator telekomunikasi untuk menghadirkan layanan internet cepat karena dianggap tidak menguntungkan secara bisnis. Maka, pemerintah menginisiasi Palapa Ring yang nantinya bisa dimanfaatkan operator untuk menyediakan layanan internet cepat.

    "Kita (pemerintah) bangun backhaul-nya, nanti operator yang menyelenggarakannya. Tapi nggak gratis, nanti disangka manjain, tapi itu diskon lah pokoknya," kata Rudiantara. (agt/fyk)

    Sumber: https://inet.detik.com/telecommunication/d-3765846/palapa-ring-paket-barat-rampung-februari-2018

    Berita Terkait

    Palapa Ring rampung, Kominfo gencarkan literasi digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menggalakkan literasi digital bagi masyarakat setelah merampungkan pembangunan infrastruktur jaringan Selengkapnya

    Palapa Ring Diminati 18 Perusahaan

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) yang menangani pemanfaatan Palapa Ring Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkom Selengkapnya

    Tol Langit Palapa Ring Jembatani Jurang Digital di Indonesia

    Rampungnya pembangunan tol langit Palapa Ring yang diwujudkan dengan pembangunan jaringan fiber optik di seluruh Indonesia diharapkan mampu Selengkapnya

    Palapa Ring Timur Jadi Andalan Ekspansi Jaringan Operator Telekomunikasi

    Kehadiran Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Palapa Ring Timur melengkapi proyek Palapa Ring yang digagas oleh Pemerintah diharapkan mampu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA