FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 12-2017

    1079

    Menkominfo Harap Masyarakat Bisa Tekan Konsumsi Konten Asing

    Kategori Sorotan Media | Ayu Yuliani

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyarankan agar masyarakat Indonesia mau menggunakan aplikasi nasional. Penggunaan aplikasi nasional, berdampak juga terhadap akses trafik ke luar negeri yang harus disediakan oleh operator seluler.

    Untuk memenuhi permintaan itu, tak jarang operator seluler harus merogoh kocek dalam-dalam demi menggelar infrastruktur.

    XL misalnya. Operator seluler ini bekerja sama dengan Vocus Group dan Alcatel Submarine Networks untuk berinvestasi menggelar Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Australia – Indonesia – Singapura. Total investasi yang dikeluarkan untuk membangun SKKL ini sebanyak USD 170 juta.

    Pembangunan SKKL ini, di sisi lain, tentu saja memiliki tujuan, menyediakan infrastruktur akses ke internet global. Namun akses ke luar negeri, di rasa sudah cukup besar bila dibandingkan pengakses dalam negeri melalui konten maupun platform nasional.

    “Masyarakat kita itu karakternya suka mengakses konten atau platform luar negeri. Sudah seharusnya kita menggunakan aplikasi lokal,” jelasnya di Jakarta, Senin (11/12).

    Menurutnya, bila penggunaan aplikasi lokal bisa digalakkan, maka keniscayaan operator seluler untuk tidak membangun akses bandwidth ke luar negeri tak akan makin massif. Di sisi lain, juga bisa mempromosikan konten maupun platform dalam negeri.

    “Dengan menggunakan aplikasi lokal, artinya kita membantu operator untuk tidak membangun infrastruktur akses bandwidth ke luar negeri. Maka itu, aplikasi lokal harus digalakkan,” ungkap dia.

    Persoalan ini ternyata tak hanya dialami di Indonesia. Di Australia pun demikian. Chairman Vocus Group, Vaughan Bowen, menceritakan kala Netflix masuk di negara Kanguru itu. Baru tiga bulan masuk di Australia, 50 persen lebih trafik di sana melaju kencang ke luar negeri. Hal itu disebabkan terjadinya demand penggunanya.

    “Setelah lebih dari tiga bulan itu, demand pengguna makin besar ke aplikasi-aplikasi global. 90 persen semua konten yang diakses dari luar negeri. Rasanya kita juga harus memikirkan aplikasi nasional,” ujar dia. [idc]

    Sumber: https://www.merdeka.com/teknologi/menkominfo-harap-masyarakat-bisa-tekan-konsumsi-konten-asing.html

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA