FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 12-2017

    1237

    Menkominfo Dorong Aplikasi Lokal Saingi Airbnb

    Kategori Sorotan Media | Ayu Yuliani

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mendukung kompetisi bisnis yang diinisiasi pengusaha lokal dengan membentuk aplikasi daring pemesanan hotel guna menyaingi aplikasi serupa yang sudah masif sebelumnya, seperti Airbnb. 

    Menurut Rudiantara usai Sarasehan 100 Ekonom di Jakarta, pada Selasa (12/12/2017) pengusaha domestik perlu berpikir kreatif agar tidak terdisrupsi dengan maraknya layanan bisnis daring, baik dari dalam maupun luar negeri. 

    Dengan begitu, kata dia, pengusaha lokal juga diharapkan tidak perlu hanya meminta pemblokiran kepada regulator, namun mengadaptasi skema bisnis yang inovatif dan sesuai kebutuhan pasar. 

    “Bagus kami dukung dengan skema itu,” kata Rudiantara. 

    Rudiantara berkata, layanan Airbnb sebenarnya hanya memanfaatkan peluang pasar yang selama ini belum digarap pengusaha hotel konvensional di tengah berkembang pesatnya bisnis digital. Dengan adanya aplikasi seperti Airbnb, pengusaha hotel seharusnya memang tergerak untuk berinovasi. 

    “Mereka kan cuma memanfaatkan ceruk yang bisa dieksplor. Misalnya ada 10 kursi yang terpakai enam, mereka memanfaatkan empat kursi yang kosong itu,” kata dia. 

    Aplikasi lokal serupa Airbnb sebenarnya juga sudah diinisiasi dengan munculnya layanan pemesanan hotel di www.airyrooms.com. Rudiantara mengatakan pihaknya siap membantu sesuai kebutuhan pengusaha lokal. Apalagi penggunaan aplikasi lokal untuk pemesanan hotel akan mendukung efisiensi bisnis. 

    “Kalau domestik, dia menghemat bandwitch karena 'traffic'-nya dalam negeri. Kalau Airbnb itu otorisasi semuanya menggunakan jalur internasional pakai kabel laut,” kata dia. 

    Aplikasi pemesanan hotel dari domestik yang baru-baru ini diperkenalkan adalah bookingina.com besutan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Situs tersebut merupakan hasil kerja sama antara PHRI dan PT Maia Putra Lestari. 

    Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani mengatakan agen perjalanan daring atau "online travel agent" ini merupakan salah satu upaya untuk bisa menjangkau konsumen lebih luas. Hariyadi mengatakan situs pemesanan hotel ini akan membantu konsumen memilih hotel dan memberikan keuntungan bagi pengusaha hotel. 

    Sumber: https://tirto.id/menkominfo-dorong-aplikasi-lokal-saingi-airbnb-cBAi

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Aneka Aplikasi Bantu Penanganan Covid-19

    Pemerintah telah mengambil langkah tegas dalam memerangi penyebaran virus corona di Indonesia, salah satunya lewat teknologi informasi. Selengkapnya

    Cara Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam pandemi covid-19. Salah sa Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA