FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 12-2017

    2506

    Kominfo Gandeng TNI AU Perluas Akses Telekomunikasi

    Kategori Berita Kominfo | helm003
    Menkominfo dan Kepala Staf AU dalam Penandatanganan Piagam Kerjasama di Bidang Komunikasi dan Informatika dan Pertahanan Matra Udara Dalam Rangka Penguatan NKRI - (Yuni Ahmad)

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengembangkan kerjasama dengan TNI AU guna memperluas dan memeratakan akses telekomunikasi di Indonesia. Kerjasama bidang komunikasi dan informatika serta pertahanan matra udara untuk penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia itu ditandatangani dalam bentuk Piagam Kerjasama antara Menteri Kominfo Rudiantara dengan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Markas Besar TNI Angkatan Udara, Cilangkap, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

    Menteri Kominfo menyebutkan salah satu poin kerjasama mengenai pengaturan penyediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana milik TNI AU untuk pemerataan akses telekomunikasi dan informatika. "Banyak yang sudah dilakukan bersama antara Kominfo dan TNI, diantaranya pembangunan infrastruktur di wilayah 3T dan perbatasan," ungkap Menteri Rudiantara.

    Menteri Kominfo juga menyampaikan lembaganya kini melakukan pembangunan telekomunikasi dengan pendekatan Indonesia sentris. Penyediaan akses internet dengan kecepatan tinggi yang ditujukan menopang sektor pendidikan, kesehatan dan pelayanan publik di seluruh wilayah Indonesia. "Sebagai aksi nyata dari penandatanganan Piagam Kerjasama, saya mentargetkan pada Desember 2017 sudah ada rencana kerja antara Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bersama dengan TNI AU untuk menyediakan akses internet di sekolah-sekolah yang berada di  wilayah 3T, tertinggal, terdepan, terluar," paparnya.

    Kementerian Kominfo melalui BP3TI membangun sarana telekomunikasi dan informatika dengan prioritas di kawasan 3T. Pelibatan TNI AU ditujukan untuk membantu pembangunan prasarana dan sarana akses telekomunikasi agar lebih merata di wilayah 3T. Selain itu bentuk sinergisitas kelembagaan juga terwujud dalam pemanfaatan akses telekomunikasi.

    "Pada Kuartal I 2018, Paket Palapa Ring Barat sudah beroperasi. Saya mendorong agar jaringan Palapa Ring yang telah tersedia, dapat dimanfaatkan terutama oleh pangkalan-pangkalan TNI AU di wilayah perbatasan untuk mendukung akses telekomunikasi," harapnya.

    Kepala Staf TNI AU (KASAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyambut baik kerjasama dengan Kominfo. Menurutnya saat ini, TNI AU sedang merintis pembangunan sekolah-sekolah di wilayah 3T. "Kedepannya, saya berharap agar sekolah-sekolah tersebut dapat memiliki akses telekomunikasi yang disediakan oleh Kominfo. Hal ini tentu akan sejalan dengan fokus pembangunan akses internet Kementerian Kominfo yang salah satunya mendukung sektor pendidikan di wilayah 3T," ungkapnya. (ABE)

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA