FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 12-2017

    2418

    Menteri PPN: Open Government Keharusan Tingkatkan Partisipasi

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska
    Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS Bambang Brodjonegoro dalam Ministrial Roundtable Asia Pacific Leaders Forum on Open Government 2017 di Jakarta, Kamis (14/12/2017).

    Jakarta, Kominfo - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS Bambang Brodjonegoro menyatakan saat ini keterbukaan dalam pemerintahan atau open government merupakan suatu keharusan untuk meningkatkan partisipasi publik dan masyarakat.

    “Open government bukanlah suatu pilihan, bukan juga sekadar kewajiban, namun sudah menjadi suatu keharusan bagi pemerintah,” jelasnya dalam Ministrial Roundtable Asia Pacific Leaders Forum on Open Government 2017 di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (14/12/2017).

    Menurut Menteri Bambang, saat ini masih terus muncul perdebatan dan keluhan dari masyarakat terhadap kinerja pemerintah akibat kurangnya transparansi.  "Selalu ada perdebatan dan keluhan dari masyarakat terhadap pemerintah pusat maupun daerah, tentang bagaimana pemerintah tidak bisa memenuhi harapan masyarakat dalam mengurangi tingkat kemiskinan, dsb. Ini muncul karena pemerintah kurang terbuka kepada masyarakat. Ini titik lemah kita,” jelasnya.

    Jika dibiarkan, menurut Menteri Bappenas, masyarakat akan terus berasumsi dan mengeluhkan bagaimana pemerintah bisa menghabiskan anggaran negara tanpa ada hasil yang nyata. “Ini kesempatan untuk dapat lebih terbuka. Pemerintah harus sampaikan ke masyarakat untuk setiap anggaran yang dipakai, setiap proyek, masyarakat perlu tahu seberapa besar yang dialokasikan, untuk apa, dan siapa yang mendapat manfaat dari pemakaian anggaran tersebut,” tegasnya.

    Ministrial Roundtable APLF on Open Government dihadiri pula oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara; Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur; Presiden dan CEO World Wide Web Foundation Adrian Lovett; Deputi Menteri Republik Korea, Kim Iljae; serta perwakilan negara anggota Open Government Partnership se-Asia Pasifik. (VY)

    Berita Terkait

    Wapres Minta Generasi Penerus Gali Potensi dan Tingkatkan Kompetensi

    Wapres mengajak generasi muda untuk aktif menciptakan terobosan baru dan ikut serta dalam memajukan negeri. Selengkapnya

    Presiden Joko Widodo Lepas Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

    Menurut Presiden, bantuan kemanusiaan tersebut merupakan wujud solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan. Selengkapnya

    Resmikan Bandara Mentawai, Presiden Berharap Efek Berganda Dongkrak Pariwisata

    Saat ini, Bandara Mentawai sudah bisa didarati oleh pesawat jenis ATR sehingga jumlah turis pun diharapkan terdongkrak naik. Selengkapnya

    Wapres Paparkan Tiga Langkah Kembangkan Pariwisata Berkearifan Lokal

    Wapres pun mengimbau agar para pihak yang terkait dapat memanfaatkan media sosial dengan baik dalam promosi ini, agar gaung pariwisata Indon Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA