FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 12-2017

    2284

    Kunjungi Kominfo, Siswa SMK Bahrul Maghfiroh Belajar Soal Industri TIK

    Kategori Berita Kominfo | ivon001
    Kepala Sekolah SMK Bahrul Maghfiroh Lampung bersama Kasubbag TU Biro Humas Kementerian Kominfo saat memberi sambutan di hadapan para siswa dalam kunjungan industri bidang ICT di Ops Room Lt. 2 Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta Jumat (15/12/2017). - (Runny Tamara)

    Jakarta, Kominfo – Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima kunjungan guru dan siswa pelajar Jurusan Teknik Komputer Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan Bahrul Maghiroh Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Bandar Lampung. 

     

    Kunjungan tersebut ditujukan untuk meningkatkan inovasi dan potensi para siswa, khususnya di bidang teknik komputer dan jaringan, serta meningkatkan kemampuan dan pemahaman tentang informatika dan teknologi. “Karena sekarang ini teknologi komunikasi sangat penting dan menjadi modal dasar untuk kemajuan anak didik kami,” kata Kepala Sekolah SMK Bahrul Maghfiroh, Sholihin di Ops Room Lt. 2 Gedung Kementerian Komunikasi dan informatika, Jakarta Jumat (15/12/2017).

     

    Diakui Solihin, pesatnya perkembangan teknologi saat ini peru diketahui siswa sekolah dan pengajar agar dapat terus meningkatkan kemampuan dan pemahaman tentang perkembangan teknologi. Oleh karena itu, Sholihin mengharapkan melalui kunjungan industri ini pelajar Teknik Komputer dan Jaringan serta Teknik Sepeda Motor dapat mengetahui lebih jauh tentang peluang kerja dan lingkung bidang teknologi.

    "Kementerian Komunikasi dan Informatika itu seperti apa, kesesuaian materi ajaran dengan dunia industri apakah relevan dan berharap bisa lebih mengerti tentang Animasi, Broadcast, dunia penyiaran serta pemahaman tentang Undang Undang ITE Tahun 2016.," ungkapnya.

    Rombongan berjumlah 130 orang itu diterima langsung oleh Kasubbag Tata Usaha Biro Humas Sugeng Pramono. Dalam pertemuan itu, Sugeng menjelaskan sejarah Kementerian Komunikasi dan Informatika, struktur organisasi dan tugas pokok setiap unit kerja, serta ragam industri telekomunikasi.

    "Ada industri infrastruktur telekomunikasi, penyiaran, dan industri teknologi informasi yang mencakup jaringan-jaringan digital. Industri penyiaran ini yang membangun frekuensi kepada penyiaran-penyiaran radio dan televisi sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat,” paparnya.

    Lebih lanjut, Kasubbag TU Biro Humas Kominfo berpesan kepada siswa agar melakukan registrasi ulang kartu prabayar. “Hal itu sesuai Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Registrasi dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan, utamanya prabayar yang pendaftaran telah mulai dimulai per 31 Oktober 2017, dan paling lambat tanggal 28 Februari 2018,” jelasnya.

    Sugeng juga memaparkan kewaspadaan atas persebaran berita hoax dan fake news yang bisa ditangkal dengan literasi. "Kita bisa dapatkan dari memperkaya bacaan dan informasi.Literasi media tidak lain merupakan kemampuan pembaca dalam mengidentifikasi kebutuhan akan informasi. Saat ini di media-media atau koran, sering dikatakan literasi pembaca itu rendah, itu artinya kemampuan pembaca mengetahui informasi itu masih rendah,” ungkapnya menjelaskan penyebab penyebaran hoaks.

    Kepada para pelajar SMK Bahrul Maghfiroh, Sugeng juga menjelaskan Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki Sekolah Tinggi Multi Media di Yogyakarta yang menerima lulusan SLTA yang ingin melanjutkan kuliah di bidang IT dan Multimedia. Siswa juga mendapat informasi dari Pusat Data dan Sarana Informatika Kemkominfo mengenai pengelolaan data center, tata kelola dan akses jaringan, keamanan jaringan. (HM.YS)

    Berita Terkait

    Kunjungi Stan UMKM, Menteri Kominfo Puji UMKM Manggarai Barat

    Transformasi digital penggunaan QRIS, dinyakini bisa membuat produk UMKM naik kelas dan aman terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini. Selengkapnya

    Sesuai Tugas Kominfo, Sekjen: Silaturahmi Hubungkan yang Belum Terhubung

    Sekjen Mira Tayyiba mengajak sivitas Kementerian Kominfo untuk menerapkan langkah maju dalam menjalankan program kerja. Selengkapnya

    Kominfo Siapkan Instruktur Radio Maritim Berstandar Internasional di UPT

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan instruktur radio maritim berstandar internasional untuk setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) Selengkapnya

    Kominfo Siapkan 5G Jadi Pendorong Lompatan Besar Inovasi Digital Indonesia

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengembangkan jaringan telekomunikasi 5G secara komprehensif. Direktur Jenderal Sumber Daya dan Peran Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA