FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 12-2017

    2132

    Indonesia-Korea Berbagi Informasi Kebijakan TIK

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Direktur Jenderal SDPPI Ismail memberikan sambutannya dalam pembukaan Joint Workshop Indonesia-Korea on ICT Policy di Menara Merdeka Jakarta, Kamis (14/12/2017)

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Ministry of Science and ICT (MSIT) Korea menggelar workshop bersama tentang kebijakan bidang teknologi informasi dan komunikasi di Menara Merdeka, Jakarta, Kamis (14/12/2017). Mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Ismail mengatakan bahwa TIK sangat berperan dalam pembangunan suatu negara, baik dalam bidang ekonomi, politik, maupun sosial, begitu juga bagi Indonesia.

    "TIK sekarang menjadi mesin kunci untuk pertumbuhan ekonomi dan masalah-masalah kebijakan TiK sangatlah penting untuk menumbuhkan ekonomi global secara keseluruhan," kata Dirjen Ismail saat membuka workshop.

    Joint Workshop Indonesia-Korea on ICT Policy itu diyakini dapat menjadi sarana berbagi informasi berguna mengenai TIK antara kedua negara, sekaligus menciptakan peluang-peluang bertukar pengalaman dan melanjutkan kolaborasi yang lebih erat pada masa mendatang. Dirjen SDPPI Ismail percaya bahwa workhop ini akan menjadi sarana berbagi informasi yang berguna antara Indonesia dan Korea.

    “Saya harap dari workshop ini kami akan mempunyai lebih banyak peluang-peluang untuk berbagi pengalaman dan melanjutkan kolaborasi erat dimasa mendatang,” kata Ismail mengakhiri sambutannya.

    Keberadaan standar-standar ICT juga memainkan peran penting dan kritis bagi interoperabilitas serta memungkinkan komunikasi global dengan memastikan bahwa jaringan ICT dan perangkat negara-negara di dunia “berbicara bahasa yang sama”. Standar-standar ICT juga juga membantu memastikan kompatibilitas dan aksesibilitas teknologi, jaringan, dan layanan.

    Berdasarkan agenda itu, Indonesia melihat ada sejumlah topik terkait teknologi yang sedang berkembang termasuk 5G. Standardisasi internet of Thing sangat penting bagi Indonesia untuk diimplementasikan segera. Selain Director of Internet Convergence Policy Bureau NetworkMSIT, Dr. Son Sukjoon, yang mewakili delegasi Korea, Deputi Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian RI, Nosadyan Nasyim, juga memberikan paparan, yakni mengenai Policy for Design House of Local 4G Equipment Manufactures.

    Selain delegasi Korea yang diwakili unsur dari MSIT, workshop bersama ini juga dihadiri pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Kominfo, TTA, 5G Forum dan A&D.

     

    (Sumber/Foto : nita/mukshinun)

    Berita Terkait

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Resmikan Kominfo Mart, Penasihat DWP: Mari Ciptakan Inovasi!

    Penasihat DWP Kementerian Kominfo berharap peluncuran Kominfo Mart memberikan manfaat besar. Selengkapnya

    Menkominfo: BAKTI Kawal Transformasi Digital Nasional

    Pemerintah juga berupaya melakukan peningkatan kecakapan digital masyarakat untuk pemanfaatan ruang digital dan teknologi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA