FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
27 12-2017

266

Sebagian Dana Desa Diarahkan untuk Bangun Infrastruktur Pasar

Kategori Sorotan Media | Steffani Dina
Illustrasi (MI/Atet Dwi Pramadia)

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu akan mengarahkan dana desa juga untuk membangun sarana dan prasarana pasar kawasan perdesaan agar bisa digunakan di 2018.

“Kami coba arahkan sebagian dana desa untuk membangun sarana untuk tempat mandi, cuci, dan kakus atau MCK, termasuk pemasangan jaringan listrik dan penyediaan air bersih,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko Saroni, di Mukomuko dikutip dari Antara, Minggu, 24 Desember 2017.

Ia mengatakan, sekarang pasar tersebut belum memiliki sarana untuk tempat MCK, air bersih dan jaringan listrik dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Padahal, katanya, pihak Kemendes PDTT telah menyelesaikan pekerjaan pembangunan pasar kawasan perdesaan di Desa Sumber Mulya.

Namun, katanya, tidak ada paket kegiatan penyediaan sarana tempat MCK, air bersih dan jaringan listrik dari PLN di dalam lokasi pasar kawasan perdesaan itu.

Dia mengatakan, pemerintah desa setempat tahun ini telah menggunakan sebagian dana desa untuk menambah dua bangunan terbuka tempat pedagang bejualan di pasar kawasan perdesaan tersebut.

Selanjutnya, katanya lagi, desa setempat membutuhkan sarana pendukung tersebut untuk mengoperasikan pasar kawasan perdesaan itu pada tahun depan.

Untuk itu, ia menyarankan, agar desa mengalokasikan dana dalam APBDes tahun depan untuk membangun sarana untuk tempat MCK, air bersih dan pemasangan jaringan listrik. Selain itu, katanya, beberapa desa setempat segera membentuk BUMDes bersama yang terdiri dari beberapa desa itu sebagai pengelola pasar kawasan perdesaan.

Sumber: https://www.harianaceh.co.id/2017/12/24/sebagian-dana-desa-diarahkan-untuk-bangun-infrastruktur-pasar/

Berita Terkait

Bisnis Digital Dituntut Perluas Pasar

Berkembangnya pasar e-commerce di Indonesia semakin memudahkan masyarakat memenuhi beragam kebutuhan hidup sehari-hari. Tren tersebut lantas Selengkapnya

Pemerintah ungkap tantangan pembangunan infrastruktur internet

Pembangunan internet dan pemanfaatan teknologi digital di Indonesia tergolong unik dibandingkan dengan pembangunan di negara-negara Asia lai Selengkapnya

Bea Masuk Barang tak Berwujud Butuh Instrumen Pembayaran

Kebijakan pemerintah mengenakan bea masuk barang tak berwujud (intangible goods) yang diperdagangkan secara elektronik dinilai membutuhkan i Selengkapnya

Kepala Desa Diimbau Optimalkan Dana Desa untuk Bangun Infrastruktur Internet

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, R Niken Widiastuti mengimbau kepada 351 kepala des Selengkapnya