FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 01-2018

    2368

    Badan Siber Dibentuk, Apa Peran Kominfo?

    Kategori Sorotan Media | Ayu Yuliani

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) turut terlibat dalam Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Mengingat badan tersebut merupakan peleburan dari Direktorat Keamanan Informasi Ditjen Aptika Kementerian Kominfo dan Lembaga Sandi Negara.

    Baru saja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Mayjen Dr Djoko Setiadi sebagai Kepala BSSN di Istana Negara. Sebagai Kepala BSSN, Djoko mendapatkan fasilitas setingkat menteri. Dia pun bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI.

    Mengenai perjalanan BSSN ke depannya, Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza mengatakan peran Kominfo ini sebatas berkoordinasi dengan badan tersebut, terutama bila itu berkaitan dengan sektor yang di bawah Kominfo.

    "Urusan sibernya itu yang berkaitan pengendalian untuk di bawah sektor Kominfo saja, misalnya jaringan telekomunikasi. Kita koordinasi dengan BSSN, jadi nanti sifatnya pengendalian untuk yang dibawah Kominfo saja," ujar Noor saat dihubungi detikINET, Rabu (3/1/2018).

    Sementara terkait, peleburan Direktorat Keamanan Informasi yang berada dibawah Ditjen Aptika Kementerian Kominfo dengan Lembaga Sandi Negara, Noor menjelaskan proses peleburannya dilakukan Kepala BSSN yang akan menetapkan struktur organisasi setelah berkoordinasi dengan Menpan RB.

    "Dalam tahap ini fungsi Direktorat Keamanan Informasi dan ID-SIRTII akan diadopsi sesuai Perpres 53 nomor 2017. Pembahasan struktur tersebut sudah berjalan yang akhirnya ditetapkan Kepala BSSN," sebutnya.

    Pembentukan BSSN dimulai ditetapkan pada Mei 2017 oleh Presiden Jokowi. Kemudian Perpres tersebut direvisi, dalam perubahan ini ditegaskan, BSSN adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden (sebelumnya melalui Menko Polhukam), dan dipimpin oleh Kepala.

    BSSN ini mempunyai tugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan, dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber. (agt/fyk)

    Sumber: https://inet.detik.com/security/d-3796889/badan-siber-dibentuk-apa-peran-kominfo

    Berita Terkait

    Ini Kampanye Pakai Masker ala Kemkominfo

    GUNA membangun kesadaran masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan secara disiplin, Kementerian Kominfo gencar melakukan upaya komun Selengkapnya

    Tingkatkan Ekonomi, Ditjen Aptika Gelar Workshop Penerapan AI

    Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan International Selengkapnya

    Daftar 60 Hoaks tentang Virus Corona Temuan Kemkominfo

    Liputan6.com, Jakarta - Mewabahnya virus corona di Tiongkok hingga ke seluruh dunia membuat banyak orang Indonesia panik. Kepanikan warga di Selengkapnya

    Palapa Ring Diminati 18 Perusahaan

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) yang menangani pemanfaatan Palapa Ring Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkom Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA