FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 01-2018

    1628

    Janji Menkominfo 2019 Seluruh Kabupaten di Indonesia Bisa menikmati Koneksi 4G

    Kategori Sorotan Media | Winda Ferrissa
    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (4/12/2017).(KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTO)

    BANGKAPOS.COM,JAKARTA,— Menteri Komunikasi dan Informatika (menkominfo) Rudiantara mengatakan, pada tahun 2019 mendatang seluruh kabupaten di Indonesia bisa menikmati koneksi 4G.

    Rudiantara menjelaskan, koneksi 4G bisa dinikmati di seluruh kabupaten di Indonesia karena proyek Palapa Ring sudah rampung dikerjakan pada 2019 mendatang.

    Adapun proyek Palapa Ring merupakan proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

    Proyek tersebut meliputi kabel laut mencapai 35.280 kilometer dan kabel di daratan sejauh 21.807 kilometer.

    "Saya yang bertanggung jawab atas infrastruktur di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tahun 2019 Palapa Ring sudah selesai, semua Kabupaten sudah bisa menikmati 4G," ujar Rudiantara di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (4/12/2017).

    Sementara itu, pada tahun 2018, Menkominfo menargetkan proyek Palapa Ring wilayah barat selesai dilakukan, kemudian menyusul wilayah tengah.

    "Palapa Ring infrastrukturnya pada kuartal I ini selesai. Kemudian nanti menyusul Palapa Ring Tengah," ujarnya.

    Meski demikian, Rudiantara mengatakan, proyek Palapa Ring wilayah timur masih terkendala infrastuktur TIK di wilayah Papua.

    "Palapa Ring Timur itu masih lama karena memang di Papua itu masih banyak yang belum ada infrastruktur TIK-nya," ujarnya.

    Dirinya optimistis, jika proyek Palapa Ring selsai dilakukan, koneksi internet berkecepatan tinggi bisa digunakan masyarakat. "Internet kecepatan tinggi nanti akan ada," ujar Rudiantara.

    Berdasarkan data Kominfo, pada tahun ini koneksi 3G telah hadir di 60.000 desa dan 2G sudah hadir di 73.000 lebih desa di seluruh Indonesia.(*)

    Sumber : http://bangka.tribunnews.com/2018/01/04/janji-menkominfo-2019-seluruh-kabupaten-di-indonesia-bisa-menikmati-koneksi-4g

    Berita Terkait

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Kembangkan Inovasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak seluruh insan pos dan telekomunikasi serta ekosistem komunikasi dan Selengkapnya

    Menkominfo Harap Layanan Telemedisin Tembus ke Wilayah 3T di Indonesia

    Pemerintah terus berupaya mencari terobosan penanganan Covid-19 (virus Corona) yang efektif. Salah satunya melalui pengembangan solusi keseh Selengkapnya

    Menkominfo Yakin Indonesia Tangguh Hadapi Pandemi

    Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan keyakinan bahwa Indonesia akan dapat melalui masa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA