FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
09 01-2018

257

Menkominfo Sebut Saring Sebelum Sharing

Kategori Sorotan Media | Ayu Yuliani

Memasuki pesta demokrasi lewat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di era digital seperti ini, bisa jadi rentan dengan penyalahgunaan media sosial. Penyalahgunaan itu mulai dari kampanye hitam, hoax, fitnah, hingga memainkan isu Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA).

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, kampanye hitam umumnya terjadi di media sosial berbagai platform seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Terkait ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, hal itu bisa diantipasi dengan mengajak masyarakat untuk menyaring berbagai informasi sebelum berbagi ke media sosial.

"Yang seharusnya diajak berpikir rasional adalah para pendukungnya. Kalau politisi sih, aman-aman saja, cair, dan bisa berkoalisi," kata Rudiantara dalam diskusi Ekonomi dan Politik tahun 2018 saat peluncuran portal berita iNews.id di Gedung iNews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018).

Menurut dia, saat ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap akurasi media sosial cenderung terdegradasi. "Maka itu, ini harus memanfaatkan akurasi media mainstream. Apalagi media sosial cenderung mengandalkan kecepatan, speed. Sementara akurasi ada di media mainstream," ujarnya.

Oleh sebab itu, dia mengajak masyarakat lebih melaksakanan saring sebelum sharing sehingga mengurangi potensi maraknya hoax dan kampanye hitam di tahun politik.

Selain itu, ia mengungkapkan, ada pula kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informasi dengan pihak penyelenggara Pemilu seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengantisipasi kampanye hitam.

"Saya sudah bicara pada KPU dan Bawaslu, minggu ini dirapatkan untuk mekanisme di mana nanti pengawas pemilu bisa meminta take down akun yang melanggar aturan dari platform seperi FB dan Twitter," ucap dia.

Editor: Ranto Rajagukguk

Sumber: http://www.inews.id/techno/read/menkominfo-sebut-saring-sebelum-sharing

Berita Terkait

Kementerian Kominfo Ikut Dorong UMKM untuk "Go Online"

Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM) di Indonesia dinilai punya potensi yang sangat besar. Bahkan setidaknya tercatat 88,8 persen Selengkapnya

Menkominfo: Hadirnya Aplikasi Callind Bukti Lahirnya Kartini Baru

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, aplikasi messaging Callind merupakan representatif dari lahirnya kart Selengkapnya

Kemkominfo: Aduan Konten SARA Meningkat Jelang Pilkada

Politik identitas yang menggunakan isu SARA melalui media sosial, masih menjadi kekhawatiran pada Pilkada 2018. Terlebih, berdasarkan da Selengkapnya

Menkominfo Ajak Masyarakat Puasa Medsos

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta agar masyarakat Indonesia sesekali berpuasa menggunakan media sosial. Hal ini disampa Selengkapnya