FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 02-2018

    2139

    Mahasiswa Brawijaya Dalami Kebijakan TIK di Kominfo

    Kategori Berita Kominfo | srii003
    Foto bersama Mahasiswa Universitas Brawijaya bersama narasumber dari Kementerian Kominfo di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (31/01/2018) - (SINA)

    Jakarta, Kominfo – Mahasiswa Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya melakukan kunjungan studi di Kementerian Komunikasi dan Informatika. ”Kunjungan ini dimanfaatkan bagi mahasiswa kami untuk memahami bagaimana kondisi industri TIK saat ini,” tutur Dosen Pendamping  Sabriansyah Rizqika Akbar di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta,  Rabu (31/01/2017).

    Sebanyak 50 mahasiswa diterima oleh Biro Humas Kementerian Kominfo yang mengenalkan berbagai hal mengenai Kementerian Kominfo. Kasubag Pemberitaan Opini Publik dan Analisis Berita Teguh Wahyono mengenalkan beberapa kebijakan di bidang Kominfo untuk mendukung digitalisasi. “Saat ini Kominfo sedang gencar-gencarnya mengembangkan program 1000 Start Up Digital dan pembangunan Palapa Ring agar nantinya seluruh masyarakat Indonesia dapat mengakses koneksi internet”, jelas Teguh.

    Kepala Seksi Penerapan Aplikasi dan Informatika Sonny Sudaryana menjelaskan alasan Kementerian Kominfo membangun Palapa Ring agar seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakan jaringan 4G, “Dalam presensi Layanan 2G, 3G, 4G masih banyak masyarakat Indonesia yang belum dapat mengakses jaringan 4G”, ujarnya.

    Sonny juga menjelaskan kepada mahasiswa Unbraw mengenai Diskusi Kebijakan Sektor ICT Indonesia. “Dalam sektor ICT Indonesia terdapat Ekosistem ICT yakni devices, networks, applications, humans yang sangat berguna untuk menjalankan ekosistem ICT agar tetap berputar,” paparnya.

    Peluang Bonus Demografi pun tak luput disampaikan Sonny Sudaryanan. “Tahun 2030 anak muda jumlahnya lebih banyak, sehingga anak muda kini harus mempersiapkan diri baik skill maupun networking untuk persaingan di masa depan” tambahnya.

    Rombongan mahasiswa Unbraw juga mendapatkan pembekalan dari Kepala Subbidang Jaringan Pusat Data dan Sarana Informatika, Reinaldo Dharma tentang berbagai pekerjaan bagian IT di Kementerian Kominfo yang dibagi menjadi dua bagian. “Bagian keluar oleh Direktorat Aplikasi dan Informatika yang bertugas untuk melakukan pemblokiran internet, UU ITE dan sedangkan bagian dalam dilakukan oleh Pusat Data dan Sarana Informatika yang bertugas mengurus infrastruktur dan sistem data”, jelasnya.

    Kunjungan ditutup dengan melihat lokasi kerja server di Pusat Data dan Sarana Informatika. (Biro Humas/SINA/AFDF)

     

     

    Berita Terkait

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    [Berita Foto] Suasana Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Kominfo

    Upacara itu diikuti Wamenkominfo Nezar Patria, Pejabat Tinggi Madya, Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian K Selengkapnya

    [Berita Foto] Pelantikan Dirut BAKTI Kementerian Kominfo

    Sebelumnya Fadhilah Mathar menjabat sebagai Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI Kementerian Kominfo. Selengkapnya

    Rendam Tabung Gas di Air Bisa Atasi Kebocoran, Itu Misinformasi!

    Tindakan yang dianjurkan ketika menyadari ada kebocoran gas adalah melepaskan regulator, lalu tabung gas yang bocor tersebut dibawa ke area Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA