FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 02-2018

    1955

    Ayo Dukung 17 Inisiatif Indonesia dalam WSIS Prizes 2018!

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan dalam jumpa pers tentang "17 Inisiatif Indonesia Masuk Nominasi WSIS Prizes 2018" di Jakarta, Sabtu (03/02/2018) - (VY)

    Jakarta, Kominfo -- Tujuh belas inisiatif unggulan Indonesia berhasil masuk sebagai nominasi dalam World Summit on the Information Society (WSIS Prizes) 2018. Ajang penganugerahan yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini menggunakan sistem vote agar ke-17 inisiatif tersebut dapat melaju ke babak penentuan perolehan suara tertinggi, untuk nantinya dipilih 1 Winner (pemenang) dan 4 Champion per kategori oleh tim pakar.

    “Masuknya program ataupun aplikasi yang dibuat anak bangsa ini, selain bisa meningkatkan rasa percaya diri, juga bermakna agar begitu kembali ke Indonesia bisa diimplementasikan, membantu masyarakat Indonesia. Kami harap rekan-rekan media bukan hanya memberitakan, tapi juga mendorong masyarakat menggunakan aplikasi tersebut,“ jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan dalam jumpa pers di Paradigma Kafe Jakarta, Sabtu (03/02/2018)

    Ke-17 inisiatif unggulan Indonesia pada WSIS Prizes 2018 ini tersebar pada 8 kategori berbeda, di antaranya inisiatif BTS for Rural, Remote, and Border Area of Indonesia dalam kategori peran pemerintah untuk pengembangan TIK; inisiatif Democratizing Decision Support: PetaBencana.id Platform for Equitable Disaster Resilience pada kategori akses terhadap informasi dan pengetahuan; Relawan TIK Goes to School pada kategori Capacity Building; dan Lacak Malaria pada kategori e-health.

    Tenaga Ahli Kominfo Donny BU menjelaskan mekanisme voting yang dapat dilakukan masyarakat. “WSIS ada 18 kategori, tiap kategori akan dipilih 5 yang terbanyak dapat vote, periode vote sampai 18 Februari. Setelahnya fase seleksi, ngga bisa diintervensi lagi, pakar PBB yang kemudian akan seleksi untuk dipilih menjadi 1 winner dan 4 champion,” jelas Donny BU.

    Donny turut mengingatkan bahwa agar vote bisa masuk, harus memberi suara pada seluruh 18 kategori, bukan hanya pada kategori yang terdapat nominasi Indonesia saja. “Syarat mutlak harus di-vote semuanya. Kalau ngga suara Indonesia akan hilang, tidak terhitung,” jelas Donny.

    Masyarakat dapat memberikan dukungannya melalui situs resmi wsis.org atau melalui tautan berikut s.id/pilihindonesia. (VY)

    Keterangan lengkap nominasi dan cara voting dapat dilihat pada tauran berikut: Siaran Pers No. 24/HM/KOMINFO/02/2018

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Australia Sogok Indonesia dengan Senjata

    Ternyata klaim dalam video yang beredar tersebut adalah keliru. Selengkapnya

    ESCAP Dukung Inisiatif Kecakapan dan Literasi Digital DEWG G20 Indonesia

    Inisiatif Indonesia tersebut mendapat dukungan dari United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific/ESCAP atau Komisi Selengkapnya

    Delegasi India: Indonesia Tetapkan Standar Tinggi di Penyelenggaraan DEWG G20

    "Praktis tanpa cela, semua agenda sukses terlaksana," kata salah satu Delegasi India, Naman Upadhyaya, kepada Kominfo Newsroom di Hotel Muli Selengkapnya

    Diiringi Sasando, Dua Lagu Indonesia Pukau Delegasi DEWG G20

    Sambutan delegasi sangat antusias ketika Maria menyanyikan dua lagu khas Indonesia itu. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA