FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 02-2018

    1604

    Palapa Ring dan Satelit Perkuat Daya Saing Generasi Masa Depan

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Menteri Kominfo Rudiantara saat menjelaskan pembangunan infrastruktur TIK yang sedang disiapkan pemerintah dalam Kuliah Umum di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Kamis (08/02/2018).

    Padang, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan saat ini pemerintah tengah menyiapkan infrastruktur TIK agar generasi mendatang tidak kalah bersaing dari negara lain. Dua program yang disebut Menteri Rudiantara ketika memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Padang Sumatera Barat adalah Palapa Ring dan Pengadaan Satelit.

    “Pemerintah membuat kebijakan keberpihakan untuk membantu (masyarakat yang tinggal di, red) daerah yang tidak layak bisnis. Jadi, kalau kita tidak membangun, kita akan kalah dari negara lain,” paparnya saat mewakili Presiden Joko Widodo di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Kamis (08/02/2018).

    Kebijakan untuk menghubungkan berbagai sektor di seluruh negeri kepulauan melalui infrastruktur TIK, ditargetkan mampu menghubungkan seluruh kabupaten dan kota dengan internet pada tahun 2019.  Tidak berhenti disitu, pemerintah pun sedang menyiapkan pengadaan satelit yang akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022.

    “Salah satu tujuan pemerintah adalah agar generasi muda mampu berkompetisi dengan negara lain. Ada 226.000 sekolah mulai dari SD, SMP, SMA namun 80.000 diantaranya belum terhubung internet,” papar Menteri Kominfo.

    Pembelajaran melalui internet menjadi tawaran Menteri Rudiantara bagi generasi mendatang. Ia menjelaskan nantinya Indonesia akan memiliki lebih dari 1 satelit pada tahun 2021 atau 2022 untuk membantu sektor pendidikan, kesehatan, dan lainnya.

    “Inilah yang kami inginkan, infrastrukturnya kami buat dulu. Jadi kita harus berpikir jauh ke depan, karena pada tahun 2030 itu adalah puncak bonus demografi untuk Indonesia,” tambahnya.

    Kuliah umum diselenggarakan dalam Rangkaian Acara Peringatan Hari Pers Nasional 2018. Dalam peringatan bertema “Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan" itu hadir Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganeftri, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Anggota Komisi I DPD RI, serta 2500 mahasiswa sebagai peserta kuliah umum. (ABPP)

     

    Kuliah Umum Menkominfo bersama 2500 mahasiswa/i UNP

    Berita Terkait

    Tingkatkan Kualitas Layanan, Kominfo Perkuat Kompetensi Petugas Loket MoTS

    Kementerian Kominfo komit untuk memberikan solusi penggunaan frekuensi radio bagi nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan. Selengkapnya

    Perkuat Budaya Kerja, Kominfo Komitmen Terapkan Nilai Dasar BerAKHLAK

    Kementerian Kominfo mengimplementasikan budaya kerja BerAKHLAK melalui penyusunan Kamus Kompetensi BerAKHLAK. Selengkapnya

    [Berita Foto] Merawat Nasionalisme Generasi Muda

    Seminar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Kominfo Karnaval 2023 untuk merayakan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indones Selengkapnya

    Ini Strategi Kominfo Cegah Generasi Muda Terjebak TPPO

    Kementerian Kominfo menjalankan peran yang berkaitan dengan upaya menghadapi modus penipuan melalui media daring melalui media sosial atau m Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA