FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
11 02-2018

783

Menkominfo Tantang Komunitas Anti Hoaks Hapuskan Berita Palsu

Kategori Berita Kementerian | anni005
Menteri Kominfo Rudiantara menjelaskan pemerintah membutuhkan bantuan seluruh elemen masyarakat untuk menghadapi penyebaran hoaks dalam Rakernas Mafindo di Kampung Wisata Ngaran 2 Borobudur Magelang, Sabtu (10/2/2018) sore.

Magelang, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengakui Kementerian Kominfo tidak akan efektif membasmi hoaks tanpa bantuan masyarakat. Oleh karena itu, ia  menantang pegiat komunitas anti hoaks untuk terus kembangkan kerangka pikir dalam menghapuskan berita palsu di negara ini.

“Kami harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Kami tidak akan efektif tanpa bantuan dari masyarakat,” paparnya ketika memberikan sambutan dalam  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) di Kampung Wisata Ngaran 2 Borobudur, Magelang,  Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2018) sore.

Menteri Kominfo meminta pegiat komunitas Mafindo agar memposisikan diri mereka sebagai petinggi negara yang tidak memiliki batasan. Menurutnya, penting untuk segera menindaklanjuti isu ini agar tahu cara penanganan isu hoaks dari berbagai sudut. “Kita perlu tahu bagaimana cara menanganinya, terutama kepada semua elemen di Indonesia ini tahu harus ngapain terhadap hal tersebut,” tambahnya.

Menteri Rudiantara mengungkapkan pemerintah tidak mampu menangani seluruh permasalahan di dunia digital ini sendirian. Rudiantara menekankan bahwa pihaknya akan transparan terhadap publik dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk membasmi hoaks.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kominfo Kominfo mengapresiasi aplikasi mobile yang dapat membantu mendeteksi hoaks. Ia menjanjikan akan mencoba menghubungi pihak Research and Development Apple di Indonesia agar dapat membantu mengembangkan aplikasi Hoax Buster Tools (HBT) yang saat ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna android. (ABPP)

Berita Terkait

Menkominfo: Dewa Transformasi Digital Adalah Pola Pikir!

Berbeda dengan anggapan orang kebanyakan, faktor utama transformasi industri dalam menghadapi era digital bukanlah adopsi teknologi. Menurut Selengkapnya

Menkominfo Dukung Peningkatan Kompetensi Wartawan

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan selalu mendukung setiap upaya wartawan dalam meningkatkan kompetensi. "Saya selalu Selengkapnya

Kominfo Rebut Juara Pertama Lomba Klinik Pratama Sehat Antarkementerian

Klinik Pratama Kementerian Kominfo merebut juara pertama Lomba Klinik Pratama Sehat yang digelar Kementerian Kesehatan. Penghargaan itu dise Selengkapnya

Kominfo Dukung Kampanye Damai Tanpa Hoaks

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung pelaksanaan Kampanye Damai Tanpa Hoaks. Hasil kerja bareng mahasiswa Fakultas Ilmu Komunika Selengkapnya