FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 02-2018

    3869

    Menkominfo: Tingkat Kepercayaan terhadap Media Mainstream Meningkat

    Kategori Berita Kominfo | anni005

    Medan, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media mainstream di Indonesia meningkat pada tahun 2017 ke 2018. Merujuk pada Edelman Trust Barometer Global Report 2018, saat ini tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap media sosial tergerus karena tingkat keakurasian yang tidak menjadi prioritasnya.

    Trust terhadap media mainstream ini meningkat. Dari 28 negara, Indonesia berada pada urutan kedua setelah Tiongkok,” paparnya  dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Harian Waspada ke-71 di Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (14/02/2018).

    Menteri Kominfo berpesan kepada pengelola Harian Waspada agar tidak tergiur dengan media sosial. Pasalnya, momentum seperti ini perlu mereka manfaatkan agar media mainstream tetap menjadi rujukan terpercaya masyarakat. Tanpa perlu mengandalkan kecepatan, Menteri Rudiantara berharap bahwa keakurasian adalah hal yang tetap harus diutamakan dibandingkan dengan kecepatan.

    “Kita harapkan konsistensi media mainstream untuk mengedepankan akurasi informasi dibanding kecepatan. Kalau media sosial lebih mengutamakan kecepatan daripada keakurasian,” tambahnya.

    Berdasarkan Edelman Trust Barometer Global Report 2018, terdapat sebanyak 5% peningkatan jumlah kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap media mainstream. Sebaliknya, rakyat Indonesia justru menurunkan nilai kepercayaan mereka terhadap media sosial pada tahun ini sebanyak 4%. Maka dari itu, Menteri Rudiantara menegaskan bahwa media mainstream tidak perlu tergoda dengan konten yang ada di media sosial, mereka cukup mengambil pasar pada media online saja.

    Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kominfo Rudiantara juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-71 kepada Harian Waspada yang menurutnya selalu memperjuangkan eksistensi negara ini. Sebelum menutup sambutannya, Menteri Rudiantara juga sempat memberikan pantun. Begini bunyinya:

     

    Beli sepatu naiklah kuda

    Pulang-pulang membawa durian

    Selamat ulang tahun ke-71 Harian Waspada

    Tetaplah eksis dengan selalu menyampaikan kebenaran

    (ABPP) 

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA