FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 02-2018

    4578

    Kemenko PMK Inisiasi Peta Jalan Pembangunan SDM

    Kategori Berita Pemerintahan | ivon001
    Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memimpin Rapat Terbatas yang membahas Peta Jalan Pembangunan SDM Indonesia di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada Senin (19/02/2018) pagi.

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menginisiasi penyusunan Peta Jalan atau Roadmap Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan pihaknya tengah mendiskusikan road map Pembangunan SDM Indonesia dalam rapat terbatas.
    Rapat terbatas, menurut Puan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menegaskan bahwa fokus Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 adalah membangun SDM. “Kita memang belum memiliki road map pembangunan SDM yang menyeluruh dan berjangka panjang. Selama ini road map hanya dimiliki masing-masing kementerian/lembaga dan bersifat sektoral,” ujar Puan, di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (19/2/2018).
    Penyusunan Roadmap Pembangunan SDM Indonesia dinilainya harus dikerjakan bersama-sama. Peta jalan itu akan mencakup prioritas industri nasional yang akan dikembangkan antara lain kebutuhan SDM, kualifikasi/kompetensi SDM, dan tahapan pemenuhan serta pembiayaan. Lebih lanjut Puan menjelaskan pemerintah harus menyiapkan SDM yang kompetitif guna menghadapi persaingan yg makin keras di tengah Revolusi Industri 4.0. Perkembangan teknologi informasi akan berdampak pada tumbuhnya ekokomi digital dan e-commerce. Oleh karena itu, dia meminta Bappenas segera menyusun draf road map dimaksud guna meningkatkan daya saing SDM di Tanah Air.

    Libatkan Pemangku Kepentingan

    Pelibatan pemangku kepentingan dalam penyusunan Road Map Pembangunan SDM Indonesia dimaksudkan agar Roadmap SDM Indonesia komprehensif dan tidak parsial. Menko PMK  Puan Maharani dalam Rapat Terbatas (Ratas) menegaskan pelaksanaan Ratas Road Map Pembangunan SDM Indonesia sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menegaskan bahwa fokus Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM). “Kita memang belum memiliki Road Map Pembangunan SDM yang menyeluruh dan berjangka panjang. Selama ini Road Map Pembangunan SDM hanya dimiliki masing-masing Kementerian/ Lembaga (K/ L) dan bersifar sektoral,” ujar Menko PMK.
    Penyusunan Road Map Pembangunan SDM Indonesia menurut Menko PMK harus dikerjakan bersama-sama. Road Map Pembangunan SDM akan mencakup prioritas industri nasional yang akan dikembangkan; berapa kebutuhan SDM; kualifikasi/kompetensi SDM dan tahapan pemenuhan serta pembiayaan.
    Dijelaskannya kemudian, pembangunan SDM Indonesia juga menjadi penting setelah pada tahun-tahun sebelumnya pemerintah membangun banyak infrastruktur. Karenanya SDM banyak diperlukan kelak untuk menopang pengoperasian infrastruktur tersebut. Nantinya, Road Map Pembangunan SDM Indonesia diharapkan menjadi bukti nyata link and match SMK dan Industri.
    Hadir dalam Ratas Road Map Pembangunan SDM Indonesia, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Mendikbud Muhajir Effendi, Menaker Hanif Dhakiri, Menperin Airlangga Hartarto,  dan Menteri PPN/Ka. Bappenas Bambang Brodjonegoro.

    Sumber:
    Bagian Humas & Perpustakaan,
    Biro Hukum,  informasi,  & Persidangan,
    Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

    Berita Terkait

    Presiden Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Jelang Lebaran

    Presiden menekankan bahwa pada tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau menin Selengkapnya

    Wapres Yakini KDEKS Jadi Penggerak Pembangunan Ekonomi Sultra

    Wapres menerangkan bahwa upaya pengelolaan sumber daya alam sejatinya harus dilakukan melalui praktik-praktik ekonomi yang bertanggung jawab Selengkapnya

    Wapres: Optimalkan Program Percepatan Penurunan Stunting!

    Wapres mengingatkan bahwa target tahun ini akan dapat dicapai apabila semua pihak lebih bersungguh-sungguh menjalankan program penurunan stu Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA