FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 03-2018

    2513

    Menkominfo Harap KE{M}BALI Jadi Sarang Industri Digital

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Menteri Kominfo Rudiantara saat memberikan sambutan pada peresmian KE{M}BALI di Seminyak, Kuta, Badung, Bali Kamis (1/3/2018) sore.

    Badung, Kominfo - Komitmen pemerintah mendorong tumbuh kembangnya industri digital di Indonesia kembali ditunjukkan dengan apresiasi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara atas Co-Working Space di Pulau Dewata.  Kamis (01/03/2018), Menteri Rudiantara meresmikan Innovation Hub bernama KE{M}BALI di Sunset Road, Seminyak, Kuta, Badung, Bali.

    Menteri Kominfo sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada manajemen KE{M}BALI yang berasal dari berbagai komunitas dan ekosistem digital. “Selamat kepada Kumpul, kepada siapapun yang bergabung membuat KE{M}BALI, ekosistem semuanya,” ungkapnya saat memberikan sambutannya sebelum meresmikan ruang kerja bersama KE{M}BALI.

    Menteri Rudiantara mengkritisi tajuk “Mekarya Ring Umah” yang berarti berkarya dari rumah. Menurutnya hal itu kurang cocok untuk dikaitkan dengan peran KE{M}BALI sebagai sarang yang menghasilkan dan tempat kelahiran industri digital.

    “Saya pikir cocoknya jadi sarang yang bisa menjadi tempat lahirnya industri digital. Saya anggap ini bukan rumah, karena sarang selalu menetaskan sesuatu. Sarang menghasilkan, sarang tempat tumbuhnya teman-teman yang memberikan nilai tambah bidang digital,” jelasnya.

    Menteri Kominfo menyebutkan saat ini sudah waktunya pemerintah meringankan peraturan, artinya bukan lagi menambah beban bagi industri. Ia optimistis Kementerian Kominfo bukan lagi regulator saja, melainkan telah menjadi fasilitator bahkan akselerator.

    “Kalau pemerintah masih berpikir menjadi regulator akan tertinggal. Udah gak zaman. Kita pun gak mau kalah seperti startup yang jadi akselerator. Pemerintah juga harusnya,” tandasnya.

    Menurut Menteri Rudiantara, tombak perekonomian Indonesia saat ini di usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, pemerintah akan terus memajukan pencipta kreasi yang disebutnya sebagai sumber kemandirian ekonomi digital.

    KE{M}BALI merupakan salah satu ruang kerja bersama yang dilengkapi dengan restoran dan mini galeri untuk pameran foto.  Hub kreatif yang dikelola PT. Ruang Kreasi Bersama alias Kumpul itu ditujukan untuk mewadahi ekosistem lokal dengan kreativitas, teknologi, dan kewirausahaan. Beberapa program dan proyek pengembangan kualitas bakat lokal digagas melalui kolaborasi dengan para pemangku kepentingan strategis. Tujuannya agar Bali dan Indonesia menjadi salah satu kawasan tumbuh kembang industri digital. (ABP)

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA