FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 03-2018

    1941

    Temui Menkominfo, Sherpa G20 Argentina Bahas Inisiatif Hub untuk Percepat Ekonomi Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara menerima kunjungan Sherpa G20 Argentina yang dipimpin Mr. Pedro Villagra Degrado di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (07/03/2018) pagi. - (LS)

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menerima kunjungan Sherpa G20 Argentina yang dipimpin Mr. Pedro Villagra Degrado di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (07/03/2018) pagi. Pada tahun 2018, Argentina menjadi presidensi penyelenggaraan G20 dan Kementerian Kominfo selaku focal point G20-Digital Economy Task Force (DETF) untuk Indonesia telah menyusun usulan inisiatif yang disampaikan kepada DETF.

    Dalam pertemuan itu, Menteri Kominfo menyampaikan usulan inisiatif “Digital Economy Inclusive Growth Accelerator Hub” sebagai bagian deliverable G20 dengan tujuan menghasilkan output yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi digital. Hal itu dimaksudkan agar DETF dapat memberikan manfaat nyata bagi setiap anggota G20, kelompok ekonomi utama yang beranggotakan 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah Uni Eropa.

    Menteri Rudiantara menjelaskan perhatian Pemerintah Republik Indonesia dalam pengembangan ekonomi digital dilandasi potensi pasar digital yang sangat berkembang.  Menurutnya saat ini, G20 membutuhkan usaha yang dapat membantu adopsi berbagai model bisnis digital. Model bisnis itu dikatakan Menteri Kominfo harus inovatif dan memberi dampak terhadap peningkatan atau  pembentukan tenaga kerja baru serta inklusifitas ekonomi dan akses jasa keuangan agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

    “Dengan memiliki beberapa perusahaan level unicorn saat ini, Indonesia mendorong anggota G20 untuk secara bersama mendukung pengembangan model hub yang menjadi portal pertukaran informasi yang terkurasi terkait berbagai model bisnis digital yang ada di negara-negara G20. Diharapkan dengan adanya model hub seperti ini, akan tercipta akselerasi adopsi berbagai model bisnis digital di antara negara G20,” paparnya.

    Menteri Rudiantara menyatakan Argentina dapat memimpin inisiatif itu dengan dukungan Indonesia. “Untuk menunjukkan model kerja hub tersebut, persiapannya akan didukung Indonesia dengan sumber daya yang ada dan dibantu oleh berbagai ekosistem baik dari pelaku bisnis, konsultan, maupun penasihat hukum yang akan berkolaborasi menghasilkan sistem yang tervalidasi dan dapat dipercaya,” jelasnya.

    Bersama Pedro, Menteri Kominfo  membahas berbagai untuk mengantisipasi potensi pertanyaan dari anggota G20 dan Menteri di Argentina jika usulan inisiatif hub untuk mempercepat ekonomi digital dibahas bersama.

    Pedro menjanjikan akan membahas inisiatif itu dengan Chairman DETF Rudi Borrman. “Jika Argentina setuju mengajukan inisiatif ini, Indonesia dapat membangun model prototipe yang akan diluncurkan pada G20-Leaders Summit,” ungkapnya.

    Pertemuan itu dihadiri oleh Duta Besar Argentina  Ricardo Luis, Deputi Misi Kedubes Argentina Leandro Waisman, Indonesia Sherpa G20 Indonesia Rizal, Staf Khusus Menkominto Lis Sutjiati, Direktur Utama PWC Irhoan Tanudiredja, serta sejumlah pejabat Kemenko Perekonomian, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kominfo. (LS)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Kunjungan ke Surakarta, Menteri Budi Arie Akan Bahas Percepatan Ekosistem 5G

    Consensus Announcement 5G merupakan salah satu pilar TIK untuk mempercepat Transformasi Digital di Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Bicara Ekonomi Digital ASEAN

    Pemerintah Indonesia terus mengakselerasi agenda transformasi digital nasional, termasuk memperkuat konektivitas digital, khususnya melalui Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Perwakilan Kominfo untuk Pemecahan Rekor Dunia Angklung 2023

    Pemecahan Rekor Dunia Angklung 2023 diinisiasi Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) guna mendukung pelestarian Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA