FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
07 03-2018

1058

Tindak Lanjut Aduan Masyarakat terkait Konten Asusila dalam Jejaring Sosial T*mb*r

SIARAN PERS NO. 68/HM/KOMINFO/03/2018
Kategori Siaran Pers

Siaran Pers No. 68/HM/KOMINFO/03/2018
Tanggal 07 Maret 2018
tentang
Tindak Lanjut Aduan Masyarakat terkait Konten Asusila dalam Jejaring Sosial T*mb*r

Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui tim aduan konten telah menerima aduan masyarakat terkait konten asusila dalam jejaring sosial T*mb*r.

Setelah dilakukan penelusuran dan analisis konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila pada media sosial t*mb*r dot com dan aplikasinya.

Selain itu, ditemukan juga bahwa T*mb*r tidak memiliki mekanisme dan fitur pelaporan terkait konten asusila.

Pada hari Rabu 28 Februari 2018, Tim Aduan Konten sudah mengirimkan notifikasi melalui surat elektronik kepada T*mb*r dan meminta T*mb*r untuk membersihkan platformnya dari konten-konten pornografi. Tenggat waktu yang diberikan untuk menanganinya adalah maksimal 2x24 jam.

Namun, dalam rentang waktu tersebut tidak ada respon dari pihak T*mb*r sehingga Kementerian Kominfo melakukan pemblokiran terhadap 8 DNS T*mb*r pada hari Senin 5 Maret 2018 sore.

Berkenaan dengan Pemblokiran tersebut, Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menegaskan, yaitu :

1) Kemkominfo membuka kesempatan bagi siapapun untuk membuka layanannya di Indonesia. Mereka wajib mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2) Bagi layanan yang diblokir, Kementerian Kominfo membuka kesempatan untuk pengajuan normalisasi selama penyelenggara bersedia mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

3) Pemerintah tidak ragu menutup penyelenggara layanan manapun yang tidak menaati peraturan perundang-undangan.

Mengenai normalisasi, sepanjang penyedia aplikasi/platform melakukan pembersihan dan juga persyaratan lain untuk adanya penanganan konten negatif dan perhatiannya untuk mengikuti peraturan, tentu akan menjadi pertimbangan normalisasi.

Sebelum ada respon dari penyedia aplikasi/platform yang bersangkutan maka pemblokiran akan berlanjut.

 

Biro Humas
Kementerian Kominfo

Berita Terkait

Siaran Pers No. 193/HM/KOMINFO/08/2018 Tentang Kominfo Perpanjang Aduan Penyalahgunaan Data oleh Pihak Ketiga dalam Platform Facebook

Pada hari Sabtu (21/07/2018), Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara telah mengumumkan kepada masyarakat Indonesia melalui berbagai m Selengkapnya

Siaran Pers No. 192/HM/KOMINFO/08/2018 Tentang Sebanyak 525 Base Stations Sudah Berhasil Dipulihkan, Kendala Terbesar Pasokan Listrik

Sejak peristiwa gempa bumi 7.0 SR pada Minggu, 19 Agustus 2018, pukul 21.56 WIB terjadi di Timur Pulau Lombok dan runutan gempa berikutnya, Selengkapnya

Siaran Pers No. 191/HM/KOMINFO/08/2018 Tentang Kondisi Terkini Pemulihan Layanan Telekomunikasi Pasca Gempa Bumi di NTB dan sekitarnya

Sampai dengan Senin (20/08/2018) sore, sudah 302 base station yang dipulihkan dan bisa digunakan untuk melayani kebutuhan telekomunikasi seh Selengkapnya

Siaran Pers No. 190/HM/KOMINFO/08/2018 Tentang BAKTI Kominfo Bertanggung Jawab Wujudkan Keadilan Akses Telekomunikasi

Pemerataan akses jaringan internet yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat di Indonesia merupakan kewajiban harus diwujudkan. Sebab Selengkapnya