FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
09 03-2018

613

Gaet Influencer, Kampanye Literasi Digital Sabet Penghargaan MarkPlus

Kategori Berita Kementerian | noor.iza
Para pemenang penghargaan tahunan WOW Brand kategori "Indonesia Brand Endorsement of the Year 2018" segmen non-komersil - (Sarifudin)

Jakarta, Kominfo – Upaya peningkatan literasi digital masyarakat yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika diganjar penghargaan dari MarkPlus, firma konsultansi yang didirikan ahli pemasaran Hermawan Kartajaya, untuk kategori "Indonesia Brand Endorsement of the Year 2018" segmen non-komersil, Kamis (08/03) malam. Oleh panel juri pada ajang WOW Brand Festive Day tahun 2018, kampanye literasi digital yang secara konsisten dilakukan Kementerian Kominfo dinilai berhasil karena menggunakan pendekatan lintas pemangku kepentingan.

"Beberapa program semisal INCAKAP (Internet Cerdas Kreatif Produktif) dan IndonesiaBaik.id menjadi unggulan dalam menyabet ragam penghargaan tadi," jelas Plt Kepala Biro Humas Noor Iza, yang mewakili Kementerian Kominfo menerima penghargaan tersebut.

Melalui INCAKAP, Kementerian Kominfo meningkatkan familiaritas dan pemahaman orang tua seputar penggunaan internet secara cerdas. Kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan panduan bagi orang tua untuk mencegah anak kecanduan gawai dan dampak negatif dari penggunaan gawai tanpa pengawasan, serta pengenalan Sistem Whitelist Nusantara. Di tengah populasi ibu muda yang jumlahnya kian meningkat, INCAKAP menjawab tantangan perkembangan teknologi. Pada program ini Kementerian Kominfo menggandeng Direktur IBM Indonesia, Dinas Pendidikan Jakarta Timur, Ketua Umum Wanita Persahi, bahkan TNI Angkatan Laut dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Kementerian Kominfo tidak hanya menyasar orang tua yang terbilang baru membangun keluarga, namun juga generasi muda. Melalui IndonesiaBaik.id, Kementerian Kominfo menjalankan fungsinya sebagai government public relations dengan menyajikan informasi resmi dan akurat dari lintas sektor pemerintah dengan grafis yang segar dan mudah dipahami.

Pendekatan lintas pemangku kepentingan dalam meningkatkan tingkat literasi digital masyarakat juga terlihat pada gerakan SiBerkreasi yang didukung Kementerian Kominfo. Dennis Adishwara, Josie Project Pop, Marcella Zalianty dan Anji hanyalah sebagian dari massa penggerak gerakan ini.

Lebih jauh, konten yang dapat diakses masyarakat tidak terbatas dari IndonesiaBaik.id saja. Situs literasidigital.id memuat 18 buku gratis untuk orang tua dan pendidik yang diluncurkan pada 31 Januari 2018 silam.

Berita Terkait

Literasi Digital Harus Sentuh Masyarakat dan Daerah Terpencil

Gerakan literasi digital guna melawan penyebaran kabar bohong atau berita yang tidak akurat atau hoaks perlu langsung menyentuh dan berinter Selengkapnya

Tidak Cukup Literasi, Tangkal Hoaks Harus Dengan Penindakan

Menteri Kominfo Rudiantara mengakui, sejumlah elemen mulai dari pemerintah, koorporasi, perguruan tinggi, NGO, bahkan artis setiap hari bole Selengkapnya

Tingkatkan Literasi Digital, Siber Kreasi Gelar Netizen Fair 2018

Gerakan Nasional Literasi Digital (Siber Kreasi) bakal menggelar kembali ajang Netizen Fair 2018. Ajang tahunan yang berlangsung di Plaza T Selengkapnya

Percepat Pembangunan TI Daerah 3T, BAKTI Kominfo Rebut Penghargaan

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika merebut penghargaan Anugerah Indonesia Award Selengkapnya