FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
09 03-2018

465

Gaet Influencer, Kampanye Literasi Digital Sabet Penghargaan MarkPlus

Kategori Berita Kementerian | noor.iza
Para pemenang penghargaan tahunan WOW Brand kategori "Indonesia Brand Endorsement of the Year 2018" segmen non-komersil - (Sarifudin)

Jakarta, Kominfo – Upaya peningkatan literasi digital masyarakat yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika diganjar penghargaan dari MarkPlus, firma konsultansi yang didirikan ahli pemasaran Hermawan Kartajaya, untuk kategori "Indonesia Brand Endorsement of the Year 2018" segmen non-komersil, Kamis (08/03) malam. Oleh panel juri pada ajang WOW Brand Festive Day tahun 2018, kampanye literasi digital yang secara konsisten dilakukan Kementerian Kominfo dinilai berhasil karena menggunakan pendekatan lintas pemangku kepentingan.

"Beberapa program semisal INCAKAP (Internet Cerdas Kreatif Produktif) dan IndonesiaBaik.id menjadi unggulan dalam menyabet ragam penghargaan tadi," jelas Plt Kepala Biro Humas Noor Iza, yang mewakili Kementerian Kominfo menerima penghargaan tersebut.

Melalui INCAKAP, Kementerian Kominfo meningkatkan familiaritas dan pemahaman orang tua seputar penggunaan internet secara cerdas. Kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan panduan bagi orang tua untuk mencegah anak kecanduan gawai dan dampak negatif dari penggunaan gawai tanpa pengawasan, serta pengenalan Sistem Whitelist Nusantara. Di tengah populasi ibu muda yang jumlahnya kian meningkat, INCAKAP menjawab tantangan perkembangan teknologi. Pada program ini Kementerian Kominfo menggandeng Direktur IBM Indonesia, Dinas Pendidikan Jakarta Timur, Ketua Umum Wanita Persahi, bahkan TNI Angkatan Laut dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Kementerian Kominfo tidak hanya menyasar orang tua yang terbilang baru membangun keluarga, namun juga generasi muda. Melalui IndonesiaBaik.id, Kementerian Kominfo menjalankan fungsinya sebagai government public relations dengan menyajikan informasi resmi dan akurat dari lintas sektor pemerintah dengan grafis yang segar dan mudah dipahami.

Pendekatan lintas pemangku kepentingan dalam meningkatkan tingkat literasi digital masyarakat juga terlihat pada gerakan SiBerkreasi yang didukung Kementerian Kominfo. Dennis Adishwara, Josie Project Pop, Marcella Zalianty dan Anji hanyalah sebagian dari massa penggerak gerakan ini.

Lebih jauh, konten yang dapat diakses masyarakat tidak terbatas dari IndonesiaBaik.id saja. Situs literasidigital.id memuat 18 buku gratis untuk orang tua dan pendidik yang diluncurkan pada 31 Januari 2018 silam.

Berita Terkait

Menkominfo: Saatnya Digital Ekonomi, Tinggalkan Yang "Old"

Peningkatan jumlah mobile internet dan kepemilikan smartphone di Indonesia seharusnya mampu mendorong tumbuhnya pelaku ekonomi digital Indon Selengkapnya

Dapatkan Dukungan KSP, Siberkreasi Sinergikan Gerakan Literasi Digital

Gerakan Nasional Literasi Digital SIBERKREASI mendapat dukungan dari Kantor Staf Kepresidenan. Bahkan beberapa agenda kolaborasi telah dise Selengkapnya

Sambut Investasi Start Up, Pemerintah Sederhanakan Regulasi

Pemerintah menyambut baik para pemodal untuk berinvestasi di Indonesia, terutama pendanaan bagi start-up lokal. Dukungan tersebut salah satu Selengkapnya

Masa Depan di Konten, Menkominfo Minta KPI Perkuat Pengawasan

"Kita bicara konten, karena dengan digitaliasasi akan ada efisiensi dalam sumberdaya frekuensi yang terbatas. Bicara soal penyiaran yang seh Selengkapnya