FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 03-2018

    2770

    Gali Informasi Soal Media Digital, Binus School Sambangi Kominfo

    Kategori Berita Kominfo | ivon001
    Usai acara siswa-siswi Kelas 5 Binus School Simprug, Kebayoran Lama berfoto bersama di depan Gedung Utama Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (21/03/2018). - ((Biro Humas)/Sina)

    Jakarta, Kominfo - Pagi itu, Rabu (21/03/2018), sejumlah anak tanggung berseragam menapak tangga memasuki Gedung Utama Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta Pusat. Mereka dipandu lima orang guru pendamping naik ke lantai 2 memasuki Ruang Ukir, tempat Biro Hubungan Masyarakat Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo menyambut kunjungan siswa Binus School Simprug Kebayoran Lama Jakarta Selatan.

    Tak lama, Ruang Ukir Kementerian Kominfo ramai akibat gerak dan suara anak-anak berebut tempat duduk. Kebiasaan yang mungkin mereka lakukan setiap hari di ruang kelas saat masuk sekolah. Ferdinan, sang guru kelas mengangkat tangan, sejurus kemudian 35 orang siswa-siswi yang sudah di ruangan dan mengambil tempat duduk masing-masing itu mengangkat tangan dan terdiam.

    Sebelum acara dimulai, seorang anak mengacungkan tangan, bertanya dalam bahasa Inggris, apakah saya boleh menyimpan roti ini untuk dimakan dalam bus nanti? Ferdinan sang guru menjawab singkat boleh. Sempat terkejut juga atas pertanyaan itu, tapi sejenak menjadi sangat wajar karena mereka kebanyakan dari kelas 5. Mungkin juga sebagian siswa merasa lapar karena perjalanan dari sekolah mereka ke Kantor Kementerian Kominfo di Jakarta Pusat lebih dari dua jam.

    Ferdinan sang guru kelas 5 menjelaskan acara itu merupakan bagian dari agenda In-School Programme. "Ini agenda tahunan kami untuk mengunjungi kementerian dan lembaga yang berkaitan dengan tema pelajaran kelas 5. Nanti usai kunjungan setiap anak akan membuat proyek yang ditampilkan dalam Primary Years Programme (PYP) Exihibition di akhir April," jelasnya seraya menambahkan tema pameran kali ini adalah tentang Media.

    Sekilas Plt Kepala Subbagian Monitoring Media M. Taufiq Hidayat menjelaskan soal Kementerian Kominfo serta apa sesun gguhnya lingkup kerja yang dilakukan sehari-hari. Selanjutnya Tenaga Humas Pemerintah Aisyah Novarima menjelaskan bagaimana Kementerian Kominfo mengelola media dan berhadapan dengan pekerja media melalui Biro Humas.

    Agar tak jenuh, pengantar diskusi awal diiringi dengan sajian video singkat soal Internet Sehat dengan tokoh Digiro.Kepala Seksi Teknologi E-Business Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika Aris Kurniawan mengupas soal internet dengan model interaktif. Ia mengajak siswa Binus School menjawab beberapa pertanyaan dan menggali pengalaman siswa berkaitan dengan pemanfaatan internet. “Dengan mengetahui penggunaan internet secara sehat sedari dini, maka adik-adik dapat belajar cara menghindari penipuan le wat media sosial, cara mengamankan data pribadi, hingga cara menghentikan penyebaran hoax di media sosial,” ujarnya.

    Banyak pertanyaan yang tak terduga dari siswa yang ingin mendalami soal pengelolaan media digital dan pengaturannya. Salah satunya dari Fred yang menanyakan kenapa internet untuk membuat kita menjadi adiktif?

    Aris mendorong siswa untuk berbagi pengetahuan agar kalian sebagai generasi penerus bangsa bisa belajar tentang TIK. “Kegiatan kunjungan semacam ini sangat penting dilakukan agar memberikan pembelajaran kepada adik-adik semua dapat mempelajari penggunaan internet yang baik,” tuturnya.


    Sebelum rangkaian acara berakhir, siswa Binus School makan bersama di Ruang Ukir. Selanjutnya diakhiri dengan tukar cindera mata dan sesi foto bersama sebagai penutup. (HM.YS)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    [Berita Foto] Konferensi Pers Usai Pelantikan Dirut BAKTI Kementerian Kominfo

    Menkominfo juga meminta jajaran BAKTI Kementerian Kominfo segera melakukan evaluasi menyeluruh atas proses bisnis, SOP serta menerapkan cara Selengkapnya

    Awas Disinformasi! Gempa Besar Guncang Jakarta

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim yang menyebutkan bahwa Jakarta diguncang oleh gempa Selengkapnya

    Awas Disinformasi, Video Peringatan Air Laut Pasang Cilegon!

    Kabag Ops. Polres Cilegon Kompol Andi Suherman mengatakan video tersebut adalah kegiatan simulasi di PT Lotte Chemical. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA