FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 04-2018

    6555

    Era Digital, Humas Harus Ambil Peran Strategis

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Surabaya, Kominfo - Komunikasi dan profesi hubungan masyarakat tidak bisa dipisahkan. Menurut Staf Ahli Menteri (SAM) Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum, Henri Subiakto, tanpa komunikasi hubungan yang harmonis, termasuk dalam hubungan industrial tidak dapat terwujud. Apalagi dengan perkembangan teknologi era digital, Humas harus dapat mengambil peran yang strategis.

    "Komunikasi itu sangat penting dan komunikasi adalah tugasnya para Humas. Untuk itu, kita  berkumpul disini adalah bagian dari komunikasi," kata Henri Subiakto dalam sambutannya pada Forum Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) di Surabaya, Rabu (11/04/2019).

    Dalam acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan itu, Henri Subiakto menggambarkan adanya potensi penggantian tenaga kerja manusia oleh teknologi. "Saat ini ada alternatif. Munculnya era digitalisasi yakni adanya teknologi dimana para pekerja semakin lama tergantikan oleh teknologi. Ini ada perkembangan baru yang perlu dipahami oleh insan humas," katanya.

    Peran strategis Humas, menurut Henri Subiakto dapat dilakukan dengan cara menyadarkan masyarakat agar mampu menempatkan diri dengan baik.  "Humas perlu tahu dan mempelajari perkembangan perkembangan seperti ini. Regulasinya, hubungan industrialnya, dan juga bagaimana harus mengambil peran dalam menyadarkan masyarakat agar mereka profesional baik dalam menuntut hak-haknya. (Masyarakat) mampu menempatkan dirinya, begitu juga perusahaan pengusaha tidak menjadi agen-agen kapitalis yang hanya mengakumulasi keuntungan tapi juga memperhatikan buruh karena buruh adalah sumberdaya manusia yang akan menjadi kekuatan perusahaan jika di-manage dengan baik," ulasnya.

    Dalam acara yang sama, Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan  Hery Sudarmanto mengupas peranan Pemerintah dan Negara dalam penanganan hubungan industrial.  "Negara terus hadir dalam pengawasan dialog sosial antara manajemen dan serikat pekerja untuk meningkatkan perlindungan hak pekerja atau buruh serta merumuskan kebijakan-kebijakan yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan," jelasnya.

    Forum Bakohumas bertema Penciptaan Hubungan Industrial yang Harmonis di Perusahaan dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi bertujuan meningkatkan sosialisasi dan penyebaran informasi kepada stakeholders dan pelaku Humas Pemerintah di kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah. Melalui kolaborasi penyerbaran informasi dengan Bakohumas, ditargetkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan apresiasi masyarakat atas berbagai program dan kebijakan pemerintah di bidang ketenagakerjaan. (SINA)

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Hasil Perolehan Sementara Pilpres 2024 Dapil Luar Negeri

    Hasyim Asyari menegaskan pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal, namun penghitungan suara di luar negeri dilakukan bers Selengkapnya

    Perubahan Iklim Hasil Konspirasi? Itu Hoaks!

    Dalam catatan geologi, perubahan iklim selalu terjadi baik karena faktor alami atau akibat manusia. Selengkapnya

    Siapkan Talenta Digital Kompeten, Kominfo Gelar Pelatihan dan Sertifikasi

    Junior Graphic Designer menjadi tema pelatihan dan sertifikasi agar talenta digital makin kompeten. Selengkapnya

    Pejabat Humas Pemerintah Diimbau Tak Pamer di Medsos

    Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar lebih mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA