FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 04-2018

    1691

    Pemerintah Bakal Tata Ulang Alamat Rumah di RI, Terintegrasi Secara Digital

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan akan menata ulang skema pengalamatan rumah di Indonesia. Upaya ini dimaksudkan agar alamat yang dimasukkan pengirim betul-betul akurat sehingga pengiriman barang menjadi lebih nyaman dan pasti sampai ke tujuan. 

    Direktur Pos Ditjen PPI Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ikhsan Baidirus mengatakan, cara yang ditempuh adalah dengan mengintegrasikan kode pos tiap wilayah dengan data digital agar alamat rumah menjadi lebih jelas dan tepat.

     "Kode pos kita akan integrasi ke dalam teknologi digital big data yang nanti secara bersama-sama akan membuat sistem lokasi menjadi lebih akurat, mungkin dengan pemanfaatan teknologi geoposition dan satelit, bersama dengan kode pos, kita bisa langsung mendapatkan titik-titik yang lebih akurat," ungkapnya di Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

    Selain itu, dengan adanya integrasi ini, masyarakat bakal lebih mudah untuk mengecek kondisi dan posisi barang yang dia kirimkan. "Suatu saat kita bisa trash and tracking kiriman kita," kata dia.

    Sementara itu, Direktur Jasa dan Kurir PT Pos Indonesia, Agus Handoyo mengatakan ketepatan alamat rumah atau kantor memang sangat penting. Jika alamat yang dimasukkan tidak jelas, atau tidak dapat ditemukan, maka akan merugikan pengirim.

    Lebih jauh dia mengakui di beberapa daerah, ada beberapa kejadian, alamat tidak dibubuhkan secara lengkap oleh pengirim. Karena itu akan menyusahkan bagi kurir yang mengantar.

    "Memang harus kerja bareng, kalau di Pos Indonesia pengalaman, misalnya alamat Larantuka di belakang Gereja, itu kan hanya ada di benak pengantar (kurir) karena dia sudah bertahun-tahun di situ. Mereka hafal betul rumah ini di mana, siapa saja yang ada di rumah itu ya. Jadi kalau (kurir) yang baru, harus berpikir lagi," tandasnya.

     

    Sumber : merdeka.com

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Hari Nusantara Jadi Momentum Akselerasi Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA