FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 04-2018

    3336

    Terapkan Blockchain, Tingkatkan Transparansi dan Keamanan Layanan

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Menteri Kominfo Rudiantara bersama dengan Founder dan Direktur OnlinePajak Charles Guinot meluncurkan aplikasi berbasis web OnlinePajak di Djakarta Room, Raffles Hotel Jakarta, Jumat (27/4/2018).

    Jakarta, Kominfo - Disrupsi teknologi semakin menjamur dan telah memasuki berbagai sektor termasuk perpajakan. Sistem birokrasi yang relatif panjang dan rumit memberikan tantangan sendiri bagi warga negara untuk melaksanakan kewajibannya. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan kehadiran aplikasi OnlinePajak yang menggunakan teknologi blockchain menjadi salah satu cara untuk memberikan pelayanan pajak yang lebih transparan dan aman untuk masyarakat.

    "Teknologi blockchain ini bisa meningkatkan pelayanan pajak untuk masyarakat. Kadang masyarakat merasa 'ribet' kalau mau bayar pajak, dengan menggunakan teknologi baru, maka pembayaran pajak akan lebih mudah,” katanya dalam Peluncuran Blockchain OnlinePajak, teknologi terbarukan dalam sistem perpajakan di Djakarta Room Hotel Raffless Jakarta, Jum'at (27/04/2018).

    Blockchain merupakan salah satu teknologi penyimpanan data multiserver yang dihubungan dengan aman oleh kriptografi. Menurut Menteri Rudiantara dengan berkembangnya teknologi berbasis realtime yang efektif dan permanen seperti blockchain, transaksi perpajakan akan menjadi lebih akurat, cepat, transparan, aman dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    “Tax rasio kita masih dibawah dari negara tetangga. Dengan memakai teknologi, cari proses baru, cara baru. Selamat terutama kepada online pajak, kepada pemerintah. Pada akhirrnya ini akan meningkatkan tax rasio, menambah banyak orang hang membayar pajak di Indonesia,” jelasnya.

    Soal keamanan, Menteri Kominfo menyatakan penerapan teknologi itu tentunya perlu sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 4 Tahun 2016 tanggal 11 April 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi. Menteri Rudiantara mendukung peluncuran aplikasi pembayaran pajak berbasis web yang telah dirintis sejak tahun 2015. “Dengan OnlinePajak, masyarakat akan semakin lebih mudah dan nyaman. Sistem governancenya pun lebih bagus dan lebih transparan,” ungkapnya.

    Direktur Utama OnlinePajak, Charles Guinot menjelaskan latar belakang penerapan teknologi Blockchain di perpajakan Indonesia. "Ada sebuah ketidaktransparanan dari sistem pembayaran pajak di Indonesia. Apakah uang yang dibayarkan sudah sampai apa tidak? Dengan teknologi ini semuanya lebih transparan," jelasnya.

    Aplikasi ini dinilai Direktur Eksekutif Central for Indonesia Taxation Analysis Yustinus Prastowo mampu mengatasi minimnya kepercayaan masyarakat atas pengelolaan perpajakan. Menurutnya jika selama ini mereka merasa tidak mengetahui uang yang dibayarkan digunakan untuk apa, maka teknologi ini menjadi salah satu teknologi yang sangat menguntungkan.

    "Sangat prospektif, tidak ada alasan untuk menolak perkembangan ini. Prosedurnya sangat mudah sehingga menjadi sangat efektif. Biasanya total waktu yang harus dilakukan bisa mencapai ratusan jam pertahun, dengan blockchain bisa diperpendek waktunya, juga lebih transparan," tuturnya. (AB/Z)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA