FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 05-2018

    955

    Soal Nasib Facebook, Kominfo Tunggu Hasil Audit di Inggris

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel A Pangerapan

    Jakarta, - Masyarakat nampaknya masih harus bersabar menunggu kabar keputusan nasib Facebook di Indonesia. Pasalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sedang menunggu hasil audit yang dilakukan oleh otoritas Inggris terhadap Facebook.

    Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika (SDPPI) Semuel Abrijani Pangerapan menegaskan pihaknya terus memantau perkembangan hasil audit yang dilakukan lembaga berwenang di Inggris.

    Ini sekaligus memberi kejelasan kepada masyarakat bahwa Kominfo tidak mengistimewakan Facebook dalam kasus penyalahgunaan data 87 juta penggunanya.

    “Kami memantau terus hasil audit Facebook. Jadi ini baru dilakukan oleh Inggris, ini pertama kali bukan oleh Amerika karena kasusnya dilakukan disana,” ujar Semuel dikantornya, Jakarta, Senin (30/4/2018).

    Dia mengakui bahwa tidak hanya Indonesia yang ingin melakukan audit terhadap Facebook, melainkan juga semua negara yang pengguna jejaring sosial tersebut terkena penyalahgunaan data. Untuk itu Kominfo tidak bisa gegabah dalam menentukan keputusan terhadap Facebook.

    Semuel juga menegaskan penanganan terhadap kasus Facebook tidak jauh berbeda dengan Tumblr. Tahapan-tahapan sebelum dilakukan pemblokiran juga sudah dilakukan seperti yang dilakukan terhadap situs jejaring sosial tersebut.

    “Semua negara masih menunggu hasil audit itu, Amerika, Filipina dan sebagainya. Kami tidak boleh gegabah,” tukas dia.

    Sementara itu, terkait kabar adanya penyalahgunaan informasi data pengguna Twiter, yang modusnya seperti Facebook, Semuel menyatakan bahwa itu masalah yang berbeda. Tak seperti Facebook, data di Facebook dinilai cenderung lebih terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja.

    Dengan demikian, semua orang yang membuka twiter dipastikan bisa melihat data akun pengguna lain secara jelas. Bahkan untuk pengguna yang belum saling berteman, bisa mengintip profil satu sama lain.

    “Kalau facebook beda kasus dengan twiter karena dia terbuka. Semua orang bisa melihat profil di twiter, bahkan untuk yang bukan teman,” pungkas dia. [WS/HBS]

     

    sumber berita :

    Berita Terkait

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    DPR Apresiasi Langkah Kemenkominfo Tingkatkan Ekonomi Digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI, Toriq Hidayat memberikan apresiasi terhadap sejumlah langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan I Selengkapnya

    Menkominfo perkuat pembentukan SDM digital di Yogyakarta

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memperkuat pembentukan sumber daya manusia (SDM) digital dengan menunjuk Sek Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA