FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 05-2018

    1054

    Menkominfo: Akses Internet MNEK 2018, Bukti Nyata Hasil Pembangunan Indonesia Sentris

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi saat konferensi pers MNEK 2018

    INDUSTRY.co.id - Lombok, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan penyelenggaraan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-3 tahun 2018 di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat didukung dengan akses internet gratis. 

    Ketersediaan akses itu tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah untuk membangun dengan perspektif Indonesia Sentris.

    "Kami mendukung penuh kelancaran komunikasi dalam acara berskala internasional ini. Kementerian Kominfo telah menyediakan internet gratis yang bisa diakses hingga radius 60 km menggunakan jaringan Net1 dengan speed 100 MBps," katanya dalam Konferensi Pers di Hotel Golden Palace Mataram, Nusa Tenggara Barat (06/05/2018). 

    Menurut Rudiantara, pihaknya juga menyediakan antena untuk akses jaringan internet untuk 42 armada angkatan laut dari berbagai negara. Antena itu dipasang pada setiap kapal yang hadir guna memastikan agar setiap kawasan Acara MNEK 2018 mendapatkan akses atau koneksi internet yang lancar. 

    "Kami ingin agar seluruh peserta MNEK 2018 yang datang dari berbagai negara dapat merasakan lancarnya koneksi internet layaknya di negara-negara maju," ungkapnya. 

    Lebih jauh Menteri Kominfo menjelaskan penyediaan akses internet untuk perhelatan MNEK 2018 merupakan bukti nyata hasil kebijakan keberpihakan Pemerintah Republik Indonesia yang memfokuskan pembangunan infrastruktur tidak hanya di Pulau Jawa melainkan merata di seluruh Indonesia, atau kebijakan Indonesia sentris.

    "Khusus koneksi internet, Pemerintah ingin memastikan seluruh kota di Indonesia telah terhubung dengan backbone atau jaringan tulang punggung internet berkecepatan tinggi. Sejauh ini di Wilayah Barat Indonesia sudah beroperasi sepenuhnya. Bagian tengah telah mencapai 77% dan bagian timur sudah mencapai 44%. Akhir 2018 kami harapkan sudah selesai dan 2019 sudah bisa beroperasi," imbuhnya. 

    Menteri Kominfo mengharapkan MNEK 2018 di Lombok dapat berjalan dengan lancar dengan menyerukan dukungan penuhnya terhadap pertahanan angkatan laut Indonesia.

    Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi membuka secara resmi kegiatan latihan militer selain perang Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

    Dalam pembukaan itu, KASAL didampingi Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi bersama para tamu undangan dari 36 delegasi negara internasional.

    Sebanyak 36 negara ikut berpartisipasi dalam ajang latihan nonperang bertema cooperation to respons disaster and humanitarian issues (kerjasama dalam menanggulangi bencana dan masalah kemanusiaan). Dalam pembukaan, seluruh delegasi negara yang hadir melangsungkan penandatanganan bersama di Prasasti MNEK 2018.

     

    sumber berita: Industri co.id

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA