FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
08 05-2018

1083

Lebih dari 280 Pertemuan Terjadwal antara Investor dan Startup Potensial dalam The 1st NextICorn International Summit

SIARAN PERS NO. 106/HM/KOMINFO/05/2018
Kategori Siaran Pers

SIARAN PERS NO. 106/HM/KOMINFO/05/2018

Tanggal 08 Mei 2018

tentang 

Lebih dari 280 Pertemuan Terjadwal antara Investor dan Startup Potensial 

dalam The 1st NextICorn International Summit 

Jakarta, Kominfo- Dalam perhelatan The 1st Next Indonesia Unicorn (NextICorn) International Summit yang akan digelar besok tanggal 09 s.d.10 Mei 2018 di Nusa Dua, Bali, sejumlah investor besar dari dalam dan luar negeri memastikan hadir dan siap memilih dan memilah startup digital yang akan mendapatkan pendaaan. Hingga hari ini (8/5) sudah tercatat lebih dari 280 pertemuan antara investor dan 68 startup potensial yang mengikuti event yang secara pribadi didukung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong. 

Chief Coordinator of NextICorn Promotion Roadshow Calendar, Donald Wihardja mengatakan bahwa Program NextICorn ini dirancang sebagai upaya memberikan kemudahan bagi investor internasional dan lokal untuk mengetahui startup apa saja yang siap menerima investasi.

Menurut Donald para investor sudah diseleksi dengan kriteria yang mau berinvestasi dalam skala besar. “Kita targetkan startup bisa mendapatkan fundrising USD 5 Juta ke atas agar bisa mendapatkan gelar unicorn mendapat funding Series B,” tambah Donald.

Dalam NextIcorn, sejumlah investor di sektor ekonomi digital internasional dan nasional akan berbagi pengetahuan dan pengalaman menanamkan modal dalam sektor ekonomi digital di Indonesia. 

Ada Managing Director of Sequoia Capital India Sheilendra Singh. Sequoia Capital telah menanamkan modal ke dua unicorn Indonesia yaitu Tokopedia dan Traveloka. Selain itu ada top-tier investor global antara lain Tencent China, Fosun International, Appworks. Ada pula investor nasional seperti Alpha JWC, Convergence, Kejora, dan Venturra.

“Mereka akan bergabung dalam The 1st NextICorn International Summit. Mereka akan melihat peluang investasi dari sekitar 70 start-up telah dikurasi berdasarkan kesiapan dalam aspek pendanaan,” tutur Donald.

Event The 1st NextICorn International Summit akan menjadi ajang promosi starup-startup Indonesia yang berpotensi besar bagi pemodal kepada investor-investor dari berbagai negara di seluruh dunia. Hingga siang ini tercatat sekitar 91 investor memastikan hadir dalam even itu.

”Indonesia peluangnya sangat besar, sudah ada sekitar 70 startup yang dikurasi dan merupakan hidden treasure dan mempunyai potensi yang matang. Kita bantu jembatani mereka yang susah mencari investor. Melalui inisiatif NextICorn ini investor akan mengenal peluang investasi di Indonesia tidak kalah dengan China dan India,” ungkap Donald Wihardja yang juga berasal dari Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (AMVESINDO).

Menurut Donald, Program NextICorn akan memungkinkan setiap pemangku kepentingan di ekosistem ekonomi digital Indonesia saling berbagi informasi terbaru dan menarik investor. Apalagi di secara global, sektor ekonomi digital telah menarik lebih dari USD 4 Miliar investasi ke perusahan perintis.

“Di mana angka ini naik 60 kali lipat sejak 5 tahun terakhir. Program NextICorn akan menjadi project memberikan kemudahan bagi investor internasional dan lokal untuk mengetahui start-up apa saja yang siap terima investasi. Kita bantu jembatani mereka yang susah mencari investor,” jelas Donald.

Program NextICorn menurut Deputy to the Chairman for NextICorn Strategy Formulation Coordination, Lis Sutjiati, merupakan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan secara reguler dan berlangsung kontinu. “Tidak akan berhenti di sini saja. Akan ada lagi event lain untuk kolaborasi dalam akselerasi visi mencetak unicorn-unicorn selanjutnya,” jelasnya. 

Ditambahkan oleh Lis bahwa ini merupakan suatu yang bisa membanggakan negara Indonesia. “Pemerintah bisa bekerja sama dengan berbagai sektor untuk membangun ekosistem digital di negara ini bisa bertumbuh. Pemerintah meminta bantuan ekosistem untuk mewujudkan target Indonesia menjadi Digital Energy of Asia,” ungkapnya optimistis.

 

Noor Iza

Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo

e-mail: humas@mail.kominfo.go.id

Telp/Fax : 021-3504024

Berita Terkait

Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Kolaborasi Ekosistem Digital Untuk Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro di Daerah 3T

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Keuangan dan lima lembaga meluncurkan Digitalisasi Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Selengkapnya

Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Penanganan Pengaduan Penyalahgunaan Jasa Telekomunikasi

Selengkapnya

Siaran Pers No. 312/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Lima Isu Hoaks Viral Bulan November 2018

Berdasarkan hasil analisa Tim Anti Hoaks, Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo, selama bulan November 2018 setidaknya terdapat 5 isu yang Selengkapnya

Siaran Pers No. 311/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Tiga Upaya Strategis Pemerintah Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital

Pemerintah Indonesia menyiapkan berbagai upaya strategis untuk mendorong pemanfaatan serta perkembangan teknologi digital di Tanah Air agar Selengkapnya