FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 05-2018

    2056

    Buka Puasa Bersama, Menkominfo Ajak Jaga Ukhuwah

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak seluruh keluarga besar Kementerian Kominfo dan mitra kerja untuk mempererat silaturahmi dengan menjaga ukhuwah. 

    “Teman-teman sahabat dari Kominfo dan mitra kerja Kominfo, saya ucapkan selamat datang di acara buka puasa bersama ini. Ini yang kesekian kali kita lakukan, kami senantiasa ingin menjaga ukhuwah, baik ukhuwah Islamiyah, wathoniyah, maupun insaniyah. Saya ucapkan sekali lagi terima kasih atas kerjasamanya kepada teman-teman sahabat di Kominfo,” katanya dalam sambutan pengantar Buka Puasa Bersama Keluarga Besar & Mitra Kerja di Lingkungan Kemenkominfo 1439 H di Lapangan Anantakupa, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (31/05/2018).

    Menteri Kominfo juga menyatakan bahwa ukhuwah itu tidak bisa dipaksa harus dimulai dengan kesadaran diri sendiri. "Terima kasih teman sahabat Kominfo. Tahun ini gerbang memang saya minta tidak dikunci, supaya karyawan yang mau datang ya datang, ini contoh ukhuwah yang tak bisa dipaksa," jelasnya.

    Sembari mengenalkan ulama Alwi Sihab yang kini menjadi Utusan Khusus Presiden untuk Urusan Timur Tengah, Menteri Rudiantara menyarankan agar mitra kerja Kominfo bisa memanfaatkan peluang di Timur Tengah. "Teman di telco, penyiaran jika ingin ekspansi bisnis ke Timur Tengah bisa dibantu Pak Alwi," katanya. 

     

     

    Alwi Sihab Ajak Bicara Baik di Medsos

    Bicara mengenai bulan puasa yang dinilai sebagai bulan suci, Alwi Sihab menyebutkan dua alasan yakni sebagai satu-satunya bulan yang disebut dalam Al Qur'an dan bulan ketika pertama kali Qur'an turun. Ia memberikan tausiyah dan berpesan agar umat Islam Indonesia senantiasa menjaga toleransi dalam berinteraksi dengan sesama.

    "Saya ingin ajak untuk ambil inspirasi manfaat puasa yang diharapkan Allah. Salah satunya dengan bijaksana dalam berinteraksi dengan sesamanya," katanya.

    Menurut Alwi Sihab, interaksi yang harmonis itu bisa ditunjukkan dengan rasa toleransi umat Islam di media sosial. "Jadi dengan puasa kita harus lebih bijak. “Orang yang bijaksana menurut Rasulullah SAW adalah orang yang berinteraksi dengan sesamanya secara harmonis yang artinya memiliki rasa toleransi. Kalau tak bisa bicara yang baik lebih baik diam," tandasnya seraya menganjurkan untuk mengurangi ghibah dan provokasi.

    Kemudian Alwi Sihab mengajak untuk meneladani karakter Nabi Muhammad SAW yang tidak mencari kesalahan orang. "Kalau kita bicara jelek, mari di bulan puasa ini sucikan agar raih apa yang dijanjikan Allah," ungkapnya.

    Acara Buka Puasa bersama dihadiri oleh para pejabat dan pegawai serta mitra kerja Kementerian Kominfo. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-quran beserta terjemahannya. Kemudian berlanjut dengan hiburan musik rohani oleh musisi legendaris Sam Bimbo, yang menyanyikan tiga lagu.

    Usai shalat berjamaah dan berbuka puasa bersama, Menteri Rudiantara menyerahkan santunan kepada anak-anak dari panti asuhan, petugas keamanan dan cleaning service yang bekerja di Gedung Menara Merdeka. Donasi itu berasal dari pejabat eselon satu dan dua di lingkungan Kementerian Kominfo.

    (Ditulis dari Laporan UP dan AYH, Foto:  AYH)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    [Berita Foto] Rayakan Natal 2023, Menkominfo Gelar Open House

    Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir untuk bersilaturahmi dalam acara tersebut. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Perkuat Kelembagaan, Kominfo Kaji Revisi UU KIP

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo berharap berbagai diskusi yang melibatkan para pemangku kepentingan seperti Komisi Informasi, badan publik, m Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA