FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 06-2018

    1477

    Ini Harapan Menkominfo di Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1439 H

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Momentum lebaran jadi harapan baru bagi setiap warga muslim Indonesia. Tak terkecuali bagi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Ia mengharapkan media sosial di Indonesia kembali menjadi kembali fitrah. Bersih dari konten negatif berupa hoaks, caci maki dan sejenisnya. 

    "Kita ini (dalam suasana, red) Idulfitri, menjadi fitri (kembali ke fitrah). Mudah-mudahan dalam media sosial menjadi fitri. Kita bisa lebih bijaksana dalam bermedia sosial," katanya dalam Open House Idulfitri 1 Syawal 1439 H di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (15/06/2018).   

    Lebih bijak di media sosial dijelaskan Menteri Rudiantara sebagai kondisi untuk menghindarkan diri dari beragam konten negatif. "Hindari yang namanya hoaks, hindari yang namanya... katakan caci maki dan lain segainya," harapnya kepada semua warganet yang aktif di media sosial. 

    Menurut Menteri Kominfo apa yang berlangsung di dunia maya sama dengan yang terjadi di dunia nyata. Oleh karena itu, etika dan adab di dunia nyata seharusnya menjadi acuan dalam berperilaku di dunia maya. 

    "Harus ada etika, karena apa yang terjadi di dunia maya ini sama dengan dunia nyata. Ada etika, ada adab, ada batasan lain, baik secara sosial dan agama," katanya.

    Menteri Rudiantara menyayangkan perilaku dominan di media sosial yang menulis sesuka hati. Ia mengharapkan semua warga Indonesia berpikir sama seperti di dunia nyata ketika berinteraksi di media sosial.

    "Kalau pegang ponsel, kita ini, mohon maaf, seolah jadi tuhan. Apa saja kita tulis, kan suka-suka kita. Jadi (sebaiknya) kita harus berpikir, ketika di media sosial ini sama seperti di dunia nyata. Ini harapan saya supaya lebih bijak di media sosial," tuturnya.

    ditulis dari laporan Yusuf, Ivon, Sina dan Bonita

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Pantau Kualitas Jaringan dan Keamanan Informasi KTT AIS Forum 2023

    Untuk memastikan jaringan telekomunikasi lancar dan aman selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023. Selengkapnya

    Tiba di Bali, Menkominfo Hadiri KTT AIS Forum 2023

    Acara puncak KTT AIS Forum 2023 akan berlangsung pada tanggal 11 Oktober 2023 di kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA