FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
22 06-2018

254

Hadapi Event Besar, Menkominfo Ajak Jajarannya Bekerja Efisien

SIARAN PERS NO. 129/HM/KOMINFO/6/2018
Kategori Siaran Pers

Siaran Pers No. 129/HM/KOMINFO/6/2018

Tanggal 22 Juni 2018

Tentang

Hadapi Event Besar, Menkominfo Ajak Jajarannya Bekerja Efisien

 

Jakarta, Kominfo - Sejumlah event besar akan digelar di Indonesia, mulai Pemilukada Serentak, Asian Games, Paragames, Persiapan Pemilu Presiden dan Wakil Rakyat, dan Pertemuan IMF-World Bank. Menghadapi event tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak seluruh aparatur sipil negara di kementeriannya bekerja efisien. 

"Saya berpesan kepada seluruh jajaran Sivitas Kominfo untuk bekerja lebih efisien untuk menyambut banyak event nasional yang akan datang," kata Menteri Rudiantara dalam acara Halalbihalal Idul Fitri 1439 H di Lapangan Anantakupa Halaman Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (21/06/2018). 

Menteri Kominfo menyatakan kerja efisien dibutuhkan karena keterlibatan Kementerian Kominfo dalam sejumlah event tersebut. 

“Kenapa kita harus kerja lebih efisien? Karena sebentar lagi banyak event nasional yang harus disiapkan. Lima hari lagi kita akan mengetahui siapa yang akan mendaftar jadi calon presiden pada Pilpres April 2019, yang kemudian disusul delapan hari setelahnya kita akan menjadi tuan rumah Asian Games lalu dilanjutkan dengan penyelenggaraan Asian Paragames, dimana Kominfo terlibat banyak peranannya,” jelasnya.

Dalam sejumlah event Kementerian Kominfo tidak hanya mendukung dalam aspek publisitas dan komunikasi publik saja. Lebih dari itu, upaya memastikan agar layanan telekomunikasi bisa berlangsung baik juga menjadi tanggung jawab Kementerian Kominfo bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia serta operator telekomunikasi.

Guna memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi selama perhelatan Asian Games, Kementerian Kominfo mengecek kesiapan jaringan telekomunikasi di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Kegiatan yang mencakup kawasan bandar udara,  Jakabaring Sport Center (JSC) , dan sejumlah hotel itu dilaksanakan mulai hari ini Jumat (22/06/2018) s.d. Sabtu (23/06/2018).

Menteri Kominfo menekankan kepada jajaran Kementerian Kominfo untuk menanamkan sikap tiada hari tanpa aktivitas pelayanan kepada masyarakat. “Penting bagi kita semua untuk mengetahui bahwa tanggal 27 Juni nanti akan diadakan Pilkada untuk Bekasi, dan wilayah Jawa Barat lainnya. Akhir kemarin pada saat kita semua libur, saya berada di kantor karena seyogyanya walaupun libur secara resmi saya tetap mamantau untuk memastikan agar pelayanan kepada masyarakat tetap jalan dan harus lebih baik lagi," jelasnya.  


Secara khusus Menteri Rudiantara menyatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengenai hasil pemantauan akun media sosial resmi peserta Pilkada.

"Saya juga berkoordinasi dengan ketua Bawaslu karena mungkin rekan-rekan juga barangkali belum tahu bahkan tidak mengetahui ada sekitar 90 akun dari media sosial yang merupakan akun resmi para peserta pilkada itu yang ternyata melanggar aturan," tuturnya. 

Kerja efisien menurut Menteri Kominfo penting dilakukan untuk memastikan pelayanan Kementerian Kominfo tetap bisa diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

'Untuk itu saya mohon kepada teman-teman untuk turut menbantu. Kita atur pembagiannya, misal saat momen lebaran kali ini teman-teman yang tidak merayakan lebaran kemarin untuk tetap bekerja melayani, begitu juga nanti saat perayaan hari natal tiba sehingga pelayanan kominfo tetap ada," jelasnya.

Menteri Rudiantara mengapresiasi langkah Kementerian Kominfo sebagai garda terdepan dalam memastikan layanan komunikasi berjalan lancar, 

"Semua itu merupakan bagian dari hasil kerja Pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur dan layanan mudik agar berjalan lancar. Seperti halnya layanan komunikasi yang dibutuhkan oleh pemudik agar membantu mengurangi dampak dari kemacetan yang banyak diberitakan seperti yang terjadi di Tol Cipali dan Cikampek," jelasnya.

Secara khusus Menteri Kominfo menyebut bahwa telekomunikasi merupakan benteng akhir dalam proses arus mudik dan balik.  “Telekomunikasi adalah benteng terakhir dalam proses mudik. Oleh karena itu saya berusaha memastikan agar layanan telekomunikasi berlangsung tanpa hambatan dan semua itu merupakan bagian dari hasil kerja Pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur dan layanan mudik,” tandasnya.

 

 

Noor Iza

Plt. Kepala Biro Humas

Kementerian Komunikasi dan Informatika

e-mail: humas@mail.kominfo.go.id

Telp/Fax : 021-3504024

 

Berita Terkait

Siaran Pers No. 140/HM/KOMINFO/07/2018 Tentang Promosikan Asian Games 2018, Kominfo Gelar Pesta Rakyat dan Kompetisi Konten Kreatif

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar berbagai event untuk meningkatkan dukungan masyarakat dalam pelaksanaan Asian Games 2018, m Selengkapnya

Siaran Pers No. 139/HM/KOMINFO/07/2018 Tentang Kunjungi Media, Menko Luhut dan Menteri Rudiantara Pastikan Kesiapan Pertemuan IMF-WBG

Tiga bulan menjelang pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional-Group Bank Dunia (IMF-WBG) di Bali, Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Pand Selengkapnya

Siaran Pers No. 138/HM/KOMINFO/07/2018 Tentang Hubungkan Tanah Papua, Targetkan Indonesia Merdeka Internet 2019

"Sesuai dengan agenda Pemerintahan Pak Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, Kominfo dan BAKTI menyediakan akses untuk seluruh masyarakat Indonesia Selengkapnya

Siaran Pers No. 137/HM/KOMINFO/07/2018 Tentang MIKTA Apresiasi Solusi IDE Hub untuk Tekan Kesenjangan Ekonomi dan Sosial

Solusi Inclusive Digital Economy (IDE) Hub yang digagas oleh Pemerintah Republik Indonesia mendapatkan apresiasi dari perwakilan negara-nega Selengkapnya