FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 07-2018

    8156

    Kominfo Minta Tik Tok Buat Kantor di Indonesia

    Kategori Sorotan Media | daon001

     Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta Tik Tok untuk membuat kantor perwakilan di Indonesia. 

    "Kami minta mereka bangun kantor perwakilan di Indonesia agar bisa melakukan koordinasi dengan baik. Tidak ribet lagi. Pasalnya kantor mereka di Amerika," jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara usai pertemuan dengan perwakilan Tik Tok, di kantor Kominfo, Jakarta, Rabu (4/7). 

    Saat ini kantor Tik Tok tersebar di beberapa negara, namun tidak ada kantor perwakilan di Indonesia. 

    "You (kepada perwakilan Tik Tok) datang dari Silicon Valley, Santa Monica. Perusahaan Anda berpusat di Beijing, tapi Anda juga teregistrasi dari Singapura. Ini sedikit rumit untuk Indonesia," jelas Rudiantara lagi.

    "Saya harap ini merupakan hubungan bagus dengan pemerintah dan stakeholder."Saat ini di Indonesia Tik Tok mengaku bernaung bersama Mainspring Technology di bawah bendera Bytedance Technology. Namun atas permintaan Kominfo, mereka menyebut nantinya akan membuat kantor perwakilan Tik Tok yang berdiri sendiri.

    Mainspring Technology sendiri adalah salah satu anak perusahaan Bytedance Technology. Mainspring mengembangkan aplikasi Babe (aplikasi kurasi konten Baca Berita) dan beberapa layanan lain.

    Untuk itu, pemerintah akan mendukung peraturan pemerintah untuk membuat perusahaan di dalam negeri.

    "Kami datang untuk menunjukkan komitmen kami [...] Kami berusaha menyesuaikan dengan peraturan lokal," jelas Senior VP Corporate Strategy Toutiau (pengembang Tik Tok) Zhen Liu dalam kesempatan yang sama. 


    Pihak Tik Tok juga menanggapi positif pertemuan ini dan optimis layanannya akan terus berlanjut sebagai platform di Indonesia. 

    Selain itu Rudiantara juga mengapresiasi respons cepat Tik Tok. Pemerintah mengumumkan memblokir DNS Tik Tok kemarin sore (4/7) dan pihak Tik Tok lansung meminta pertemuan dengan Kominfo hari ini. 

    Sumber Berita : www,cnnindonesia.com

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA