FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
09 07-2018

116

Presiden: Kinerja Pelaksanaan APBN Semakin Baik

Kategori Berita Pemerintahan | mth

Bogor, Kominfo - Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintah, para menteri, kepala lembaga, gubernur, bupati, wali kota atas kinerja pelaksanaan APBN semester I tahun 2018 yang hasilnya semakin baik.

“Dibandingkan periode yang sama di semester I tahun 2017, capaian semester I APBN tahun 2018 menunjukkan kinerja yang semakin meningkat, defisit yang lebih rendah turun 36,8%, keseimbangan primer yang sangat bagus menjadi positif, pembiayaan anggaran yang semakin menurun 2 tahun terakhir, serta SILPA yang lebih besar,” kata Presiden saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas tentang Realisasi dan Prognosis Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2018, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (09/07/2018) sore.

Menurut Presiden, pendapatan negara tumbuh 16%, didukung kinerja penerimaan perpajakan yang mampu tumbuh 14,3%, lebih tinggi dari pertumbuhan semester I tahun 2017 sebesar 9,6%. Belanja negara yang terus meningkat 5,7% dibandingkan tahun 2017 yang tumbuh hanya 3,2%, dan dalam rangka percepatan program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat serta belanja K/L (Kementerian/Lembaga) yang tumbuh 12,1%, jauh lebih tinggi dari realisasi semester I 2017 sebesar 0,4%.

“Saya minta momentum pencapaian semester I APBN 2018 terus dijaga, ditingkatkan pada semester kedua ini dan karena tantangan yang kita hadapi juga tidak ringan terutama terkait ketidakpastian perekonomian global,” pesan Presiden.

Rapat Terbatas itu dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla,  Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, KSP Moeldoko, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Selain itu juga hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri PAN RB Asman Abnur, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Ristekdikti M Nasir, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. 

sumber

Berita Terkait

Hadapi Tekanan Ekonomi, Presiden Ajak Siapkan SDM yang Kuasai Teknologi

Presiden Joko Widodo mengingatkan perlunya langkah antisipasi terhadap perubahan-perubahan cepat dunia yang sekarang juga sedang melanda sem Selengkapnya

Presiden: Jangan Main-main dengan Korupsi, Suap dan Gratifikasi!

Presiden Joko Widodo mengingatkan kembali kepada para bupati kepala daerah untuk berhati-hati. Jangan main-main dengan yang namanya korupsi, Selengkapnya

Presiden: Lakukan Terobosan Sehingga Lebih Bagus Lagi

Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa syukurnya karena untuk 2 (dua) tahun berturut-turut pemerintah pusat mendapatkan opini wajar tanpa pe Selengkapnya

Pimpin Ratas, Presiden Ingin Negara Peserta Asian Games 2018 Yakini Indonesia Aman

Kepala Negara secara khusus juga meminta laporan mengenai kesiapan pengamanan. “Kita ingin negara-negara peserta Asian Games meyakini bahw Selengkapnya