FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 07-2018

    1084

    Sistem TI Asian Games Siap Dioperasikan

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan sistem teknologi informasi (TI) selama ajang Asian Games 2018 siap untuk dipakai dan bekerja optimal. Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat meninjau sejumlah venue Asia Games 2018 diJakarta.

    "Kami sudah meninjau kesiapan tempat untuk BMX, hoki, tenis, praktis sudah siap semua. Kami juga meninjau Tl-nya," kata Rudiantara di Jakarta, belum lamaini.

    Menkominfo menuturkan, pihaknya sudah melakukan beberapa uji coba untuk mengetes  sistem yang digunakan dan melakukan perbaikan dari hasil evaluasi tim tersebut. "Fiturnya sudah, user, aset dan tes sudah, mudah-mudahan tidak ada masalah,"ujarnya.

    Sebelumnya, Kemenkominfo juga telah menyiapkan hal-hal untuk menunjang pelaksanaan Asian Games 2018, antara lain dalam hal sistem tiket daring, registrasi, serta nantinya penayangan hasil pertandingan.

    Hal itu harus di antisipasi jauh-jauh hari untuk mengantisipasi celah pada setiap sektor yang berpotensi menjadi target serangan siber. seperti yang pernah terjadi dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang2018.

    Tidak hanya itu, dalam Asian Games 2018, juga akan dilakukan uji coba jaringan 5G, sehingga masyarakat dapat mencoba jaringan tersebut di sekitar venue Asian Games.

    Sementara itu, menyambut Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, salah satu operator telekomunikasi Telkomsel pun telah menyiapkan teknologi Time Division Duplexing Massive Multiple Input Multiple Output (TDD-MIMO). Teknologi ini digunakan untuk memaksimalkan layanan di tempat keramaian.

    Direktur Jaringan Telkomsel Bob Apriawan mengatakan, teknologi ini dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi spektrum. Dengan begitu, semakin banyak pelanggan dapat merasakan kecepatan maksimum Long Term Evolution LTO pada saat bersamaan di satu lokasi.

    "Teknologi terkini dan optimalisasi jaringan diharapkan mampu mengantisipasi lonjakan trafik selama gelaran Asian Games 2018," ungkap BoB

    Dia menjelaskan, untuk meningkatkan layanan LTE, Telkomsel akan memaksimalkan penggunaan 30 MHz frekuensi (time duplex division/ TDD) 2,3 GHz. Dengan frekuensi ini, teknologi TDD-MIMO akan mampu menerima lebih dari sinyal data dalam kanal radio secara bersamaan di base tranceiver station (BTS) 4G.

    "Jadi, kecepatan layanan Telkomsel akan mencapai 960 Mbps dan untuk kesiapan jaringan saat Asian Games 2018 sudah hampir 90%. Selanjutnya, ratusan BTS akan disiapkan di 175 titik keramaian, baik di Jakarta maupun Palembang," tambah Bob.

    Dia menyebut infrastruktur jaringan dibagi menjadi tiga bagian. Perfama, 51 titik arena pertandingan diantaranya terdapat di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, dan Stadion Jakabaring Palembang.

     

    Sumber Berita  : Investor Daily (9/7/18)


    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Sistem Pemerintahan Berbasis Digital Siap Beroperasi pada 2023

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) bisa beroperasi secara penuh pad Selengkapnya

    ASN Diminta Tanamkan Nilai Pancasila

    Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam Selengkapnya

    SiBrekreasi Jadi Andalan Kemenkominfo Tingkatkan Literasi

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan guna memastikan akses internet yang diberikan pemerintah berdampak positif, bagi pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA