FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
12 07-2018

72

Kominfo: Tidak ada akun facebook Indonesia bocor

Kategori Sorotan Media | Diani Hutabarat

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan investigasi awal yang dilaporkan Facebook kepada pihaknya  dalam surat tidak terdapat akun dari Indonesia yang bocor terkait kasus Cambridge Analytica.

"Investigasi awal tidak ada satupun yang namanya  dari  Indonesia  tersedot  Cambridge Analytica   ini,"   ujar   Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani di Jakarta, Selasa.

Semuel mengatakan hasil investigasi awal tersebut senada dengan tidak adanya laporan masyarakat  yang  merasa  akunnya bocor kepada Polri.Dalam investigasi awal itu juga disebutkan dari laporan sebelumnya sebanyak 87 juta akun yang disalahgunakan datanya oleh Cambridge Analytica,ternyata hanya 30 juta dan hanya di AS.

Semuel mengatakan berdasarkan investigasi awal juga ditemukan tidak ada pelanggaran pengamanan  data  yang  dilakukan facebook dan Cambridge Analytica tidak pernah sekalipun menembus pengamanan data  itu.Adapun  informasi yang dapat dibagikan tergantung pada pengaturan privasi masing-masing akun Facebook.

"Tidak ada kebocoran, yang ada sesuai dengan perjanjian Facebook dengan Cambridge Analytica itu juga dibatasi bagaimana pengaturan privasi levelnya," kata Semuel.

Untuk itu,dia mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan mengatur privasi media sosial apabila tidak ingin informasinya dibagikan secara umum.

Kominfo pun akan terus memantau perkembangan investigasi yang masih terus berjalan itu untuk mengetahui informasi selanjutnya.

"Harapan pemerintah semua aplikasi mematuhi aturan Indonesia," kata dia.Sebelumnya,  dilaporkan  sebanyak  satu  juta akun Facebook dari Indonesia termasuk dalam 87 juta akun yang disalahgunakan oleh firma hukum  Cambridge  Analytica pada pemilihan presiden AS 2016.

Sumber Berta : www.antaranews.com

Berita Terkait

e-SIM Card akan masuk Indonesia, ini reaksi Menkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan agar masyarakat menunggu Kartu Subscriber Identity Module (SIM) Elektr Selengkapnya

Sambut Dies Natalies Unpad, Menkominfo Rudiantara Sampaikan Janji Indonesia 5 Besar Ekonomi Dunia

Jakarta. Pergeseran atau shifting dalam geliat perekonomian dunia mendorong Pemerintah Indonesia menerapkan berbagai terobosan untuk melakuk Selengkapnya

Kemkominfo Angkat Bicara soal RBT Jokowi

Jakarta - Belum lama ini, beredar pengumuman soal ring back tone (RBT) atau nada dering saat menelepon yang berkaitan dengan lagu Joko Widod Selengkapnya

Jack Ma Kembali ke Indonesia Bahas Peta Jalan e-Commerce

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Co-Founder dan Chairman Alibaba Jack Ma akan hadir saat a Selengkapnya