FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 07-2018

    1096

    Kominfo Luncurkan Aplikasi untuk Asian Games 2018

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan aplikasi Duta Suporter Indonesia dalam rangka Asian Games 2018. Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Niken Widiastuti menjelaskan bahwa aplikasi tersebut untuk mendukung kegiatan Asian Games 2018.

    "Asian Games merupakan perhelatan terbesar se-Asia, Indonesia sudah menjadi tuan rumah sebanyak dua kali. Acara ini bukan hanya miliki Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah, tapi milik seluruh Indonesia, untuk itu kami membuat aplikasi Duta Suporter Indonesia," ujar Niken dalam sambutannya dalam Grand Launching Duta Suporter Indonesia di Java Ballroom, Hitel Millennium Sirih, Tanah Abang, Jakarta, pada Selasa, 10 Juli 2018.

    Aplikasi tersebut dibuat berdasarkan ide dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Karena banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan internet, tidak terputus dengan internet dan selalu terkoneksi dengan internet.

    Aplikasi tersebut berbasis Android yang sudah tersedia di Google Play Store, aplikasi dibuat berawal dari ide untuk melibatkan seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga Asian Games 2018 dinikmati masyarakat di 34 provinsi.

    "Menurut penelitian, masyarakat Indonesia tidak bisa bertahan lama untuk tidak menggunakan ponsel pintar, hanya 7 menit saja. Karena itu aplikasi dibuat, aplikasi dibuat oleh developer bernama Enda Nasution," kata Niken.

    Menurut pembuat aplikasi, Enda Nasution, aplikasi ini dibuat untuk masyarakat Indonesia yang tidak bisa berpartisipasi menjadi atlet. Namun, bisa menjadi suporter di Asian Games 2018. "Kan tidak semua bisa menjadi atlet, tapi masyarat bisa mendukung menjadi suporter yang nantinya akan dipilih 68 orang dari 34 provinsi masing dua orang, satu laki-laki dan satu perempuan," kata Enda.

    Penggunaan aplikasi, kata Enda, sangat mudah tinggal download kemudian daftar dengan memasukan nomor handphone. Kemudia memasukkan data seperti asal provinsi, jenis kelamin dan lain sebagainya.

    "Ketika sudah terdaftar jadi calon duta, nanti akan ada tugas duta yang diberikan dalam satu minggu sekali dan ada kuis harian. Setelah itu tugas tersebut akan di vote dengan cara menyebarkannya melalui media sosial untuk di vote," tambah Enda. "Nantinya duta terpilih adalah mereka yang mendapat vote terbanyak".

    Selain itu, aplikasi juga dilengkapi dengan berita seputar Asian Games 2018 dan informasi dari Kominfo. Ada beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut yakni, beranda, vote, leaderboard dan kuis.

    "Duta terpilih nantinya akan diberi kesempatan untuk berkunjung ke Jakarta untuk hadir dalam acara pembukaan Asian Games 2018, seluruh biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh Kemkominfo, ada juga hadiah hiburan yaitu merchandise Asian Games," kata Endah.

    Bagi pengguna iOS, pengguna bisa mendaftar dengan mengunjungi website Duta Suporter Indonesia. "Karena waktunya yang singkat dan masyarakat Indonesia banyaknya menggunakan sistem operasi Android," tambah dia.

    Sumber Berita : www.tempo.co

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Kominfo Perbaharui Aplikasi PeduliLindungi Guna Penguatan Layanan Telemedis di Masa COVID-19

    Dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, layanan telemedis atau layanan kesehatan daring menjadi salah satu upaya yang tengah digala Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA